Rapat Evaluasi Kinerja BPR di Jambi, Ini Kata Anwar Sadat ke BPR Tango Rajo Lepas Satgas Yonif 142/KJ Ke Daerah Latihan, Danrem 042/Gapu Sampaikan Tugas Adalah Suatu Kehormatan Buru Pelaku Pembuangan Bayi, Polisi Curigai Sejumlah Tempat Danrem 042/Gapu Dampingi Menko PMK Sambangi RS Dr. Bratanata Jambi Tutup Latihan Gulbencal, Danrem 042/Gapu Berharap Kedepan Tidak Ada Lagi Karhutla di Provinsi Jambi

Home / Tanjabbar

Kamis, 23 Juli 2020 - 15:57 WIB

Begini Kata Dukcapil Terkait Arsip KK Bersebaran di Pasar

KK Lembar 3 dan 4 Yang Tersebar di Pedagang. (FOTO : MR/JambinetID)

KK Lembar 3 dan 4 Yang Tersebar di Pedagang. (FOTO : MR/JambinetID)

TANJAB BARAT – Terkait arsip KK yang ada dipedagang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tanjung Jabung Barat baru mengetahui adanya berkas KK yang dijadikan pembungkus dagangan.

Hal ini sampaikan Kepada Bidang Pendaftaran Kependudukan Dukcapil Tanjab Barat,Yanti bahwa pihaknya baru mengetahui hal ini.

Ia menyebutkan bahwa lembaran KK yang tersebar di pedagang merupakan lembaran KK ketiga dan keempat. Lembaran tersebut biasanya menjadi arsip untuk pihak Kecamatan,Kades/Lurah ataupun pihak RT.

“Ketika kita menerbitkan KK itu langsung empat, jadi itu untuk arsip RT, Lurah, Camat dan pemiliknya. Jadi ada lembaran ke berapa-berapa nya,” sebutnya

Baca Juga :  Ini Prioritas 99 Hari Pertama Program Kerja UAS-Hairan

Lebih lanjut disampaikannya bahwa terkait dengan arsip yang dimiliki Dukcapil, kata Yanti pihaknya memiliki dokumen-dokumen milik warga ketika melakukan pembuatan atau perubahan KK. Arsip ini lah yang katanya masih tersimpan rapi di pihaknya karena sebagai dokumen negara.

“Kita ada itu dokumen negara yang berkaitan dengan kepengurusan KK. Itu kita simpan betul, karena itu kan dokumen negara. Kalo aturannya itu kan setelah 5 tahun baru di musnahkan,” terangnya

Sementara itu, kata Yanti menanggapi adanya lembaran KK yang tersebar di masyarakat bahkan menjadi nilai ekonomis dengan di jual ke pedagang. Yanti menyebutkan bahwa hal itu menjadi tanggungjawab dari pihak yang menerima sebagai arsip.

Baca Juga :  Pelaksanaan Ibadah Haji, Kemenag Tanjabbar Tunggu Petunjuk Kemenag RI

“Ya itu kan lembaran ada di kasih ke beberapa pihak, Camat atau Kades atau RT, jadi mereka yang nyimpan. Kalo itu kesebar di kita tidak tau, karena itu sudah di mereka,”ucapnya

“Tapi seharusnya memang kalau sudah 5 tahun arsip itu dimusnahkan. Kita juga tidak tau, apa itu di curi, kemudian di jual atau mungkin oknum kita tidak tahu,” tukasnya.(*/MR)

Share :

Baca Juga

Tanjabbar

GI 1×30 MVA Akan di Bangun di Wilayah Ulu

Tanjabbar

Polsek Pengabuan Rakor Sinergi Pengamanan Pemungutan Suara Pilkada 2020

Tanjabbar

163 CPNS Formasi 2019 Kabupaten Tanjab Barat Terima SK

Tanjabbar

5 Wilayah di Tanjabbar Rawan Banjir dan Longsor

Tanjabbar

Bus Sekolah Bantuan PetroChina Terbangkalai di Parkiran Dishub Tanjabbar

Covid-19

Pegawai KPP Pratama Kuala Tugkal Terpapar Corona, Wajib Pajak Diminta Akses Pelayanan via Online

Tanjabbar

Polisi Amankan 4 Pelaku Pengedar Uang Palsu di Kuala Tungkal

Tanjabbar

Nelayan Tanjabbar Diingatkan Waspadai Fenomena La Nina