LIVE TV
Cegah Masyarakat Tidak Bakar lahan, Polres Tanjabbar Buat Program ini Selama 2020, Tercatat Ada 16 Kasus Karhutla di Tanjabbar UAS – Hairan Siapkan Program Kerja 99 Hari Anwar Sadat di Tunjuk Jadi Ketua DPD PAN Tanjabbar. UAS – Hairan Resmi di Lantik Jadi Bupati dan Wakil Bupati Tanjabbar

Home / Tanjabbar

Kamis, 23 Juli 2020 - 15:57 WIB

Begini Kata Dukcapil Terkait Arsip KK Bersebaran di Pasar

KK Lembar 3 dan 4 Yang Tersebar di Pedagang. (FOTO : MR/JambinetID)

KK Lembar 3 dan 4 Yang Tersebar di Pedagang. (FOTO : MR/JambinetID)

TANJAB BARAT – Terkait arsip KK yang ada dipedagang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tanjung Jabung Barat baru mengetahui adanya berkas KK yang dijadikan pembungkus dagangan.

Hal ini sampaikan Kepada Bidang Pendaftaran Kependudukan Dukcapil Tanjab Barat,Yanti bahwa pihaknya baru mengetahui hal ini.

Ia menyebutkan bahwa lembaran KK yang tersebar di pedagang merupakan lembaran KK ketiga dan keempat. Lembaran tersebut biasanya menjadi arsip untuk pihak Kecamatan,Kades/Lurah ataupun pihak RT.

“Ketika kita menerbitkan KK itu langsung empat, jadi itu untuk arsip RT, Lurah, Camat dan pemiliknya. Jadi ada lembaran ke berapa-berapa nya,” sebutnya

Baca Juga :  Dalam Rangka HUT Bhayangkara ke 74, Danrem 042 Gapu Ikuti Kejuaraan Menembak Pistol Executive

Lebih lanjut disampaikannya bahwa terkait dengan arsip yang dimiliki Dukcapil, kata Yanti pihaknya memiliki dokumen-dokumen milik warga ketika melakukan pembuatan atau perubahan KK. Arsip ini lah yang katanya masih tersimpan rapi di pihaknya karena sebagai dokumen negara.

“Kita ada itu dokumen negara yang berkaitan dengan kepengurusan KK. Itu kita simpan betul, karena itu kan dokumen negara. Kalo aturannya itu kan setelah 5 tahun baru di musnahkan,” terangnya

Sementara itu, kata Yanti menanggapi adanya lembaran KK yang tersebar di masyarakat bahkan menjadi nilai ekonomis dengan di jual ke pedagang. Yanti menyebutkan bahwa hal itu menjadi tanggungjawab dari pihak yang menerima sebagai arsip.

Baca Juga :  Kunker ke Tanjabbar, Begini Sambutan Safrial ke Gubernur Jambi

“Ya itu kan lembaran ada di kasih ke beberapa pihak, Camat atau Kades atau RT, jadi mereka yang nyimpan. Kalo itu kesebar di kita tidak tau, karena itu sudah di mereka,”ucapnya

“Tapi seharusnya memang kalau sudah 5 tahun arsip itu dimusnahkan. Kita juga tidak tau, apa itu di curi, kemudian di jual atau mungkin oknum kita tidak tahu,” tukasnya.(*/MR)

Share :

Baca Juga

Tanjabbar

Rapat Pleno, KPU Tanjabbar Tetapkan UAS- Hairan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

Tanjabbar

Pemkab Tanjabbar Gelar Apel Rencana Aksi Siaga Bencana La Nina

Tanjabbar

Nah, Polres Tanjab Barat Selidiki Akun Medsos Palsu Propaganda Pilkada

Tanjabbar

Akhir Februari, Anwar Sadat – Hairan Akan di Lantik

Tanjabbar

Meski di Tengah Pandemi Covid-19, Pengguna Jasa Transportasi Laut Jelang Idul Adha di Kuala Tungkal Meninngkat

Tanjabbar

Koordinasi Pelaksanaan SSDN Lemhanas RI Temui Bupati Safrial

Tanjabbar

Diduga Ada Pangkalan Gas Elpiji Nakal di Kuala Tungkal

Tanjabbar

Polres Tanjabbar Kerahkan 59 Personel Dalam Operasi Lilin 2020