LIVE TV
Napi Lapas Kelas IIB Kuala Tungkal Mendapat Remisi Hari Raya Ini Himbauan Bupati Terkait Penyaluran Zakat Fitrah Atlit Rifabel Cabor Panahan Ikuti Kejurda, Wabup Beri Dukungan Ini Jelang Idul Fitri, Wabup Tinjau Harga Bahan Pokok di Pasar Tradisional Jelang Idul Fitri, PT LPPPI Bagikan Paket Sembako Untuk Masyarakat Tebing Tinggi

Home / Tanjabbar

Kamis, 23 Juli 2020 - 15:57 WIB

Begini Kata Dukcapil Terkait Arsip KK Bersebaran di Pasar

KK Lembar 3 dan 4 Yang Tersebar di Pedagang. (FOTO : MR/JambinetID)

KK Lembar 3 dan 4 Yang Tersebar di Pedagang. (FOTO : MR/JambinetID)

TANJAB BARAT – Terkait arsip KK yang ada dipedagang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tanjung Jabung Barat baru mengetahui adanya berkas KK yang dijadikan pembungkus dagangan.

Hal ini sampaikan Kepada Bidang Pendaftaran Kependudukan Dukcapil Tanjab Barat,Yanti bahwa pihaknya baru mengetahui hal ini.

Ia menyebutkan bahwa lembaran KK yang tersebar di pedagang merupakan lembaran KK ketiga dan keempat. Lembaran tersebut biasanya menjadi arsip untuk pihak Kecamatan,Kades/Lurah ataupun pihak RT.

“Ketika kita menerbitkan KK itu langsung empat, jadi itu untuk arsip RT, Lurah, Camat dan pemiliknya. Jadi ada lembaran ke berapa-berapa nya,” sebutnya

Baca Juga :  9 Pasien Covid-19 di Jambi Sembuh, Total Sembuh 93 Orang

Lebih lanjut disampaikannya bahwa terkait dengan arsip yang dimiliki Dukcapil, kata Yanti pihaknya memiliki dokumen-dokumen milik warga ketika melakukan pembuatan atau perubahan KK. Arsip ini lah yang katanya masih tersimpan rapi di pihaknya karena sebagai dokumen negara.

“Kita ada itu dokumen negara yang berkaitan dengan kepengurusan KK. Itu kita simpan betul, karena itu kan dokumen negara. Kalo aturannya itu kan setelah 5 tahun baru di musnahkan,” terangnya

Sementara itu, kata Yanti menanggapi adanya lembaran KK yang tersebar di masyarakat bahkan menjadi nilai ekonomis dengan di jual ke pedagang. Yanti menyebutkan bahwa hal itu menjadi tanggungjawab dari pihak yang menerima sebagai arsip.

Baca Juga :  Ini identitas Mayat Mengapung di Sungai Pengabuan.

“Ya itu kan lembaran ada di kasih ke beberapa pihak, Camat atau Kades atau RT, jadi mereka yang nyimpan. Kalo itu kesebar di kita tidak tau, karena itu sudah di mereka,”ucapnya

“Tapi seharusnya memang kalau sudah 5 tahun arsip itu dimusnahkan. Kita juga tidak tau, apa itu di curi, kemudian di jual atau mungkin oknum kita tidak tahu,” tukasnya.(*/MR)

Share :

Baca Juga

Tanjabbar

Jakarta Stop Pengiriman dari Tanjabar, Harga Udang Ketak Semakin Menurun

Covid-19

Ksusu Corona di PetroChina Bertambah, ISNU Tanjabbar Minta Pemkab dan Pemprov Harus Segera Bertindak

Daerah

Ayo Pakai Masker, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan di Masa Pandemi COVID-19

Tanjabbar

Nelayan Tanjabbar Diingatkan Waspadai Fenomena La Nina

Covid-19

Satu Staf KPPN Kuala Tungkal Positif COVID-19

Tanjabbar

Gantikan Azis Rohman, Najib Zamzami Pimpin DPD PKS Tanja Barat

Tanjabbar

Rapat Kisruh Lahan Teluk Nilau, Bupati Minta WKS Tunjukan Data Konkrit Kemitraan

Tanjabbar

Kapolda Jambi Resmikan Penggunaan Hall Badminton Sarja Arya Racana Polres Tanjab Barat