Antisipasi PMK, Disbunnak Tanjabbar Berikan Vaksin ke Hewan Ternak Petani di Tanjabbar Mengeluh, Harga Komoditi TBS dan Pinang Anjlok Bentuk Solidaritas, DPD Perindo Tanjabbar Beri Bantuan Korban Kebakaran di Kampung Nelayan Mencari Solusi Permanen Pencegahan Karhutla di Jambi Jembatan Penghubung Terancam Roboh, Warga Senyerang Minta Perbaikan Dari Pemkab

Home / Berita Militer

Selasa, 21 Juli 2020 - 09:45 WIB

Danrem 042/Gapu : Pencegahan Karhutla Hendaknya Dilakukan Sebelum Terjadinya Kebakaran

JAMBINET GEMA TNI – Untuk efisiennya, Pencegahan Karhutla hendaknya dilakukan sebelum terjadinya kebakaran. Perlu adanya standarisasi peralatan yang harus di miliki Kabupaten/Kota sehingga perlu dukungan dan bantuan dari Pemerintah Kabupaten/Kota.

Hal tersebut disampaikan oleh Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M. Zulkifli saat memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Karhutla Prov Jambi Tahun 2020 bersama Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi di ruang rapat Makorem 042/Gapu, Jl. Jend Urip Sumoharjo Kota Jambi, Senin (20/07/2020).

Lebih lanjut Danrem mengharapkan kepada peserta rapat yang hadir, bahwa untuk tahun ini diharapkan ada terobosan penanganan Karhutla. Lakukan tindakan pencegahan karena prediksi dari BMKG bahwa Kemarau akan terjadi pada bulan Agustus dan September.

Baca Juga :  Danrem 042 Gapu : TMMD Mampu Mempercepat Peningkatan Pembangunan di Daerah

Untuk itu Tahun 2021 kita siapkan tindakan strategis seperti menyiapkan sarana ketersediaan air melihat pengalaman di tahun sebelumnya menjadi rencana kedepan, ujarnya.

Terakhir Danrem mengatakan bahwa menempatkan pasukan ke lokasi-lokasi rawan Karhutla menjadi langkah pencegahan dan tentunya berkolaborasi dengan klaster yang telah di bentuk serta perlu dukungan riil dari Kabupaten / Kota dalam bentuk penempatan pasukan, pungkasnya.

Agenda Rapat Koordinasi Pengendalian Karhutla di Prov Jambi Tahun 2020 ini, juga mendengarkan arahan Kapolda dan paparan kesiapan dari Pemkab Kabupaten Tanjab Barat, Tanjab Timur, Muaro Jambi dan Kabupaten Batanghari tentang Penyusunan rencana kerja dalam penanggulangan Karhutla, Dukungan anggaran dan Kesiapan Personil dan peralatan guna mendukung penanggulangan bencana Karhutla di Prov Jambi.

Baca Juga :  Arungi Sungai, Satgas Menuju Lokasi TMMD Labuhan Pering

Rapat diikuti Kalak BPBD Prov Jambi, Kadis Perkebunan Prov Jambi, Kadis Kehutanan Prov Jambi, Kepala BMKG Jambi, Wakil Bupati Tanjab Barat, Wakil Bupati, Kapolres dan Kalak BPBD Tanjab Timur, Wakil Bupati, Kapolres dan Kalak BPBD Muaro Jambi, Kapolres, Kalak BPBD dan Asisten 1 Setda Batanghari serta Dandim 0415/Batanghari dan Dandim 0419/Tanjab. (*/)

Share :

Baca Juga

Berita Militer

Upacara 17-an, Danrem 042/Gapu Bacakan Amanat Kasad

Berita Militer

Olahraga Bersama Kasad di Akademi Militer : Sayangi Anak Buah

Berita Militer

Kasad Pimpin Sertijab 7 Jabatan di Jajajaran TNI AD

Berita Militer

Korem 042/Gapu Gelar Latihan Menembak Senjata Ringan TW IV 2020

Berita Militer

Babinsa dan Tim Satgas Covid 19 Pematanglumut Sosialisasikan PPKM Mikro

Berita Militer

Danrem 042/Gapu Hadiri Launcing Asap Digital Nasional di Polda Jambi

Berita Militer

Dansatgas Pamtas Yonif R 142/KJ Pamitan dengan Kapolres Belu

Berita Militer

Arungi Sungai, Satgas Menuju Lokasi TMMD Labuhan Pering