Perdana, Sanggar Tuah Sekate Bakal Meriahkan Pawai Budaya HUT RI dan HUT Tanjabbar Bupati Anwar Sadat Berharap Pilkades di Tanjabbar Munculkan Pemimpin yang Majukan Desa DPRD Tanjabbar Gelar Paripurna Pergantian Antar Waktu Meriahkan HUT RI dan HUT Tanjabbar, Bupati dan OPD Jalin Silaturahmi Mancing Bersama Hendak Bepergian ke Jerman Pemegang Paspor RI Dapat Mengajukan Pengesahan endorsement Tanda Tangan di Kantor Imigrasi
Iklan HUT

Home / Tanjabbar

Rabu, 3 Agustus 2022 - 17:48 WIB

Sejumlah Desa di Tanjabbar di Banjiri Calon Kades, Pilkades Akan Gunakan Mekanisme Khusus

TANJABBAR – Sejumlah desa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, bakal melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak pada tahun 2022.

Dari jumlah desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak tersebut, ada beberapa bakal calon kades yang melebihi dari 5 peserta.

Hal tersebut seperti yang terjadi di Desa Teluk Ketapang, Kecamatan Senyerang dan Teluk Sialang, yang dibanjiri peminat hingga 9 calon sehingga diperlukan mekanisme khusus.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tanjabbar, Andi Baharudin
mengatakan bagi desa yang melebihi jumlah calon kepala desanya, hal ini tentu bertentangan dengan peraturan daerah (Perda) yang ada.

” Maka dari itu akan dilakukan mekanisme semacam tes yang dilakukan oleh panitia pemilihan desa.” Katanya, Rabu (3/8/22)

Baca Juga :  Sekda Tanjabbar Hadiri Pelatihan Potensi SAR Basarnas Jambi

Ia menegaskan di perda yang ada jumlah calon kepala desa di masing masing desa di batasi hanya 5 orang dan minimal 2 orang. Namun jika, hal itu kurang atau lebih maka ada mekanisme lainnya.

” Kalau mekanisme tambahan untuk dua desa itu dilakukan di antara tanggal 6 sampai 8 agustus 2022 nantinya ada tes khusus gitu. Kemarin ditahapan pendaftaran ada 3 desa yang calonnya cuman 1. Dan itu tidak boleh lawan kotak kosongkan jadi di perpanjang jadilah calonnya 2 orang,” Ujarnya.

Terkait adakah anggaran tambahan di dua desa yang melakukan mekanisme itu. Andi menyebutkan untuk anggaran tetap sama dengan yang lainnya. Artinya kata dia, tidak ada penambahan anggaran.

Baca Juga :  Budi Azwar Bakal di PAW, Jahfar: Prosesnya Sudah Kita Ajukan

” Tidak ada tambahan ya tetap sama, cuman mekanismenya yang bertambah. Nanti kalau panitia pilkades tidak sanggup karena alasan keterbatasan sumberdaya manusia atau keterbatasan fasilitas nanti kita dari Kabupaten yang ikut membantu menyelengarakannya,” Terangnya.

Saat disinggung terkait dengan 3 desa yang sempat hanya 1 calon itu, iamenyebutkan saat ini sudah lengkap dengan syarat minimum 2 calon.

” Saya lupa desanya apa saja, tapi ada kemarin itu makanya waktu pendaftaran nya di perpanjang.” Ungkapnya.(*)

Share :

Baca Juga

Tanjabbar

Temuan BPK 2 Miliar, OPD Tanjabbar di Warning Kembalikan Uang

Tanjabbar

Jalin Kerjasama, Kejari Tanjabbar Coffe Morning Bersama Pemkab

Tanjabbar

Bupati Anwar Sadat Serahkan Sertifikat Tanah Agraria di Desa Delima

Tanjabbar

Ketua DPRD Dukung Honorer Tanjab Barat Jadi PNS Melalui Keppres

Tanjabbar

Harga Cabai Kian Pedas, Perkilo di Jual Ratusan Ribu

Tanjabbar

Gubernur Jambi di Minta Perhatikan Kesejahteraan Nelayan diwilayah Pesisir

Tanjabbar

Mantapkan Proses Persiapan Jelang MTQ, Pemkab Tanjabbar Gelar TC Qori Qori’ah

Tanjabbar

Jelang Idul Fitri, Wabup Tinjau Harga Bahan Pokok di Pasar Tradisional