51 Peserta dari 4 Kabupaten Ikuti Festival layangan Porprov Kormi Hari Jadi Polda Jambi ke 28, Lima Keluarga Kurang Mampu di Tanjabbar Menerima Program Bedah Rumah Rayakan HUT Ke-10, DPD Partai Perindo Tanjab Barat Gelar Syukuran dan Do’a Bersama Pjs. Bupati Tanjabbar Dukung Penuh Harmonisasi Peraturan Daerah Pjs. Bupati Tanjabbar Kunker dan Safari Jumat di Desa Teluk Kulbi

Home / Intro

Minggu, 18 Agustus 2024 - 20:08 WIB

Cegah Karhutla, LSM JPK Minta Peran Serta Masyarakat dan Perusahaan

TANJABBAR, JN – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), saat ini menjadi perhatian serius dari semua elemen dan pihak terkait, terkait hal itu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jaringan Pembantu Kewenangan (JPK) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, mengajak semua pihak termasuk masyarakat dan perusahaan untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Ketua LSM JPK Tanjabbar, Rahmadi Ariyanto, S.Kom mengatakan kebakaran lahan dan hutan tidak bisa hanya ditangani oleh pemerintah akan tetap perlu adanya dukungan semua pihak termasuk masyarakat dan perusahaan yang ada.

Baca Juga :  Tiang listrik Rubuh di Tabrak mobil, Sejumlah Wilayah di Tanjabbar Padam Total

Selain itu, ia meminta perusahaan yang ada untuk memperkuat sarana dan prasarananya (Sapras) sebagai bentuk pencegahan agar tidak terjadi karhutla.

” Kita harapkan semua pihak ikut bersatu dan saling bahu membahu satu dengan yang lainnya. Peran perusahaan dan masyarakat sangat penting untuk membantu kinerja pemerintah dalam pencegahan maupun penanganan karhutla,” katanya, Minggu (18/8/24).

Rahmat juga menegaskan tidak melarang masyarakat atau perusahaan dalam membuka lahan. Akan tetapi untuk menggunakan metode lainnya selain dengan membakar.

Baca Juga :  Anwar Sadat: Kita Siap Jadi Tuan Rumah Porprov Jambi Tahun 2025

Ketika dengan membakar akan berdampak pada pencemaran udara hingga kerusakan ekosistem dalam tanah dan gambut. Ia berharap semua pihak bisa sinergi dalam penyelesaian persoalan karhutla baik itu pencegahan atau pemadaman.

” Semua tidak bisa berdiri sendiri. Perlu peran serta. Pemerintah punya kewenangan menggunakan kekuatannya, dibantu dengan perusahaan dan masyarakat akan menjadi lebih baik dalam pengendalian, pencegahan dan penanganan karhutla.” Ungkapnya.(*)

Share :

Baca Juga

Intro

Danrem 042/Gapu Ikuti Peringatan Detik-detik Proklamasi Secara Virtual

Intro

Satu Pejabat Fungsional Penyuluh Pertanian Tanjabbar Dilantik

Intro

Bupati Anwar Sadat Paparkan Komoditi Unggulan Tanjabbar di Kuliah Umum Unja

Intro

Bupati Tanjabbar Buka Secara Resmi Workshop Pemuda Anti Narkoba

Intro

Ingatkan Disdik Jambi Maksimalkan Persiapan PPDB, Fadli Sudria: Jangan Lagi Terjadi Carut Marut

Intro

Maknai Kemerdekaan Indonesia, Anwar Sadat: Kita Maknai dengan Membangun Tanjabbar

Intro

Anwar Sadat Buka Giat Sosialisasi Kebijakan Akusisi Arsip

Intro

Bupati Tanjabbar Buka Festival Panen Hasil Belajar Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7

https://iplwin-login.in/

deposit 25 bonus 25

https://joetourist.ca/