LIVE TV
Didampingi Kabid Cikar, Bupati Anwar Sadat Tinjau Jembatan dan Jalan Rusak Rapat Kerja di Forum TJSLP, Bupati Anwar Sadat Minta Perusahan Jujur dan Terbuka Ratusan PNS di Tanjabbar Masuk Masa Pensiun, Terbanyak Tenaga Guru Tinjau Vaksinasi Massal, Wabup: Kita Targetkan 40-50% Masyarakat Sudah Tervaksin Wabup Hairan Pimpin Zoom Meeting Persiapan Kunker Mendikbudristek

Home / Kota Jambi / Karhutla

Senin, 22 Februari 2021 - 20:36 WIB

Danrem 042 Gapu Hadiri Rakornas Pengendalian Karhutla Melalui Vidcon

JAMBI – Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli bersama Pj. Gubernur Jambi Dr. Hari Nur Cahya Murni mengikuti Vidcon Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan tahun 2021, di auditorium Rumdis Gubernur Jambi, Senin (22/2/21).

Rakornas yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Negara Kepresidenan, Jakarta menegaskan bahwa 99% Kebakaran Hutan dan Lahan(Karhuri), karena ulah tangan manusia, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

” 99% adalah ulah manusia baik disengaja maupun tidak disengaja,” kata Jokowi.

Jokowi mengutarakan bahwa, kebakaran hutan dan lahan kerap kali bermuara dari motif ekonomi. Teknik pembersihan lahan, kata Jokowi, memang paling mudah dengan pembakaran.

Baca Juga :  Unggul di PSU Pilgub Jambi, Ini Kata Al Haris

” Motif utama selalu satu. Ekonomi. Karena saya tau pembersihan lahan dengan pembakaran itu adalah cara yang paling murah. Tapi ini sudah dimulai edukasi kepada masyarakat, perusahaan, dan korporasi. Harus ditata ulang kembali,” katanya.

” Cari solusi agar korporasi dan masyarakat membuka lahan tidak dengan cara membakar,” Sambungnya.

Demikian Jokowi lantas meminta adanya langkah penegakan hukum yang dilakukan tanpa kompromi, baik itu kepada masyarakat maupun korporasi milik perusahaan ‘nakal’. Jokowi ingin ada sanksi tegas untuk hal ini.

” Terapkan sanksi tegas bagi pembakar kebakaran hutan dan lahan bak sanksi administrasi, perdata maupun pidana,” ujarnya.

Kata jokowi, dalam pencegahan Lahrutko, harus melibatkan juga Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kades, dengan memberikan pendidikan edukasi terus menerus kepada masyarakat, perusahaan dan korporasi terutama didaerah kecenderungan peningkatan hotspot, ajak Toga, Tomas untuk ikut menjelaskan kepada masyarakat akan bahaya karhutla bagi kesehatan dan dampak ekonomi yang tidak kecil.

Baca Juga :  Hadir Pertemuan Penanganan Karhutla, Anwar Sadat Apresiasi Polres Tanjabbar

“ Jangan biarkan api membesar, jangan terlambat sehingga sulit dikendalikan, kita semuanya harus tanggap, Gubernur/Bupati/walikota tanggap, Pangdam/Danrem/Dandim tanggap, Kapolda/Kapolres Tanggap, jika diperlukan pemadaman melalui ops udara water bombing tapi kalo bisa jangan sampai water bombing karena memerlukan anggaran yang besar,” Tegasnya.

Turut serta juga Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo dan Kajati Jambi Dr. Johanis Tanak, SH, MH beserta pejabat terkait.(*)

Share :

Baca Juga

Tanjabbar

Cegah Karhutla, Polres Bersama Pemkab Tanjabbar Susun Mitigasi

Kota Jambi

Hadiri Musrembang RKPD Propinsi Jambi Tahun 2022, Bupati Sampaikan Point Ini

Kota Jambi

Wali Kota Jambi Sidak Pelaksanaan Relaksasi Bidang Pendidikan

Kota Jambi

Pelantikan DPW Gebu Minang Jambi Periode 2020-2025 Berlangsung Sukses

Berita Militer

Pangdam II/Swj Hadiri Apel Siaga Karhutla dan Pelatihan Pencegahan Karhutla Provinsi Jambi Tahun 2020

Kota Jambi

Unggul di PSU Pilgub Jambi, Ini Kata Al Haris

Tanjabbar

Antisipasi Karhutla, TNI Polri Bersinergi Bersama Warga Buat Embung Air

Kota Jambi

Wali Kota Jambi Resmikan Lintasan Pesepeda Sepanjang 1,1 Kilometer