Kasad Akan Merekrut Calon Prajurit dari Santri. Kota Kuala Tungkal di Landa Banjir Rob, Sejumlah Kendaraan ‘Mogok’ Cuaca Ekstrem, Speedboat Tujuan Kuala Tungkal Pulau Kijang Alami Kecelakaan Danrem 042/Gapu Terima Kunjungan Waasops Kasad Bidang Siapsat Melalui Pendayagunaan Koramil Model, Korem 042/Gapu Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Apkowil

Home / Berita Militer

Selasa, 7 Juli 2020 - 22:11 WIB

Pangdam II/Sriwijaya Resmikan Kawasan Terpadu Kampung Madani Suku Anak Dalam

JAMBINET GEMA TNI – Jambi, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M.Hum., meresmikan Kawasan Terpadu Kampung Madani Suku Anak Dalam (SAD) dan sekaligus menyerahkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sarolangun di Pendopo Kawasan Terpadu SAD Desa Lubuk Jering Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun, Selasa (7/7/2020).

Penyerahan dilakukan setelah terlebih dahulu dilakukan penandatangan hasil pekerjaan antara Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M.Hum., dengan Bupati Sarolangun Drs. H. Cek Endra.

Adapun hasil pekerjaan Pembangunan Kawasan Terpadu SAD yang diserahkan kepada Pemkab Sarolangun meliputi pembangunan fisik, perumahan, pendopo, mushola, puskesmas pembantu, lapangan sepak bola, lapangan bulutangkis, kolam ikan, serta demplot pertanian.

Pangdam II/Sriwijaya mengatakan bahwa kawasan terpadu dapat seperti sekarang ini bukan hasil kerja TNI sendiri tapi berkat kerjasama antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah.

“Dengan diserahkannya kawasan terpadu ini diharapkan dapat berkembang menjadi kawasan pemukiman dan sekaligus menjadi Kawasan Wisata”.

Baca Juga :  Bantu Korban Banjir, Kodam Xlll/Merdeka Dirikan Dapur Umum

Pihak TNI tetap membantu pemerintah daerah dalam memelihara dan mengembangkan kawasan ini, semoga kawasan ini cepat berkembang dan maju.

Terpisah Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomy Radya Diansyah Lubis menyampaikan Kawasan Terpadu SAD ini adalah gagasan dari TNI yang bekerjasama oleh Pemda Sarolangun. Dari kegiatan itu ada beberapa kegiatan yang meliputi pembanguan fisik dan non fisik.

“Pembangunan fisik meliputi pembangunan Balai Pertemuan (Pendopo), Rumah Khusus Tumenggung 7 unit, Puskesmas Pembantu I unit, Kolam Ikan 3 unit, Pos Tripilar 1 unit, Rumh Genset 1 unit, Demplot Pertanian, Guest House 1 unit MCK Komunal dan Sumur 2 unit, Masjid Al- Kausar, Kelas Lapangan 1 unit, Lapangan Sepak Bola 1 unit, Lapangan Bola Voly 2 unit, Lapangan Bulu Tangkis 2 unit, Turap Batu Kali dan Cut and Fil. im.

Baca Juga :  Danrem 042/Gapu dan Wakapolda Dampingi Gubernur Pantau Kesiapan TPS di Kota Jambi

Lanjut Dandim, bahwa selain melakukan pembangunan fisik untuk warga SAD. TNI juga melakukan pemberdayaan bagi SAD itu sendiri. Seperti warga SAD yang memiliki kebiasaan mencari makan dengan berburu, kini diajarkan dengan cara beberapa penyuluhan, seperti pertanian, bercocok tanam begitu pula dengan pendidikan dan kesehatan.

“Pemberdayaan peningkatan kualitas SDM warga SAD dengan memberikan beberapa penyuluhan. Seperti pertanian, budidaya ikan, bercocok tanam, membuat sarana pendidikan yang nantinya langkah TNI ini bisa dilanjutkan oleh Pemda Sarolangun,” ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut, antara lain Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli, S.I.P, M.M, Wakil Bupati Sarolangun Hilalatil Badri, Forkopimda Kabupaten Sarolangun dan pendamping Pangdam Kapok Sahli Pangdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Puji Cahyono, S.I.P., Aster Kasdam Kolonel Arh Fithrizal Setiawan, Kapendam Kolonel Inf Johan Darmawan dan Kasmin Pangdam Mayor Czi Dedi.(Penremgapu)

Share :

Baca Juga

Berita Militer

Korem 042 Gapu Siapkan 29 Personel Terbaik dan Pilihan Sebagai Satgas Apter

Berita Militer

Cegah Pembalakan Liar, Danrem Gapu Susuri Sungai Kumpeh

Berita Militer

HUT ke-61, Danrem 042/Gapu Berikan Santunan Pada Anak Yatim

Berita Militer

Danrem 042 Gapu Brigjen TNI M Zulkifli Ikuti Upacara Virtual Peringati Hari Lahir Pancasila

Berita Militer

Kunker ke Sadu, Danrem 042 Gapu Dampingi Gubernur Jambi Dialog dengan Petani Pinang

Berita Militer

Danrem Gapu Terima Audiensi Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi

Berita Militer

Danrem 042 Gapu : Kehadiran JMSI Diharapkan Mampu Mengedukasi Masyarakat Jambi

Berita Militer

Babinsa Koramil Muarasabak Pantau Penyaluran Bantuan Korban Kebakaran