Cuaca Ekstrem, Satpolair Tanjabbar Himbau Tranportasi Air dan Nelayan Waspada Kondisi Bangunan Madrasah Ibtidaiyah Swasta di Tanjabbar Memprihatinkan Cek Harga Minyak Goreng, Disperindag Tanjabbar Sidak Sejumlah Minimarket Pengurus PWI Tanjabbar di Lantik, Wabup: Jaga dan Patuhilah Kode Etik Jurnalistik H. Abdullah Lepas Atlet Ikuti Kejurprov di Merangin

Home / Intro

Senin, 22 Maret 2021 - 17:01 WIB

Status Wilayah Tanjabbar Masuk Siaga Karhutla.

TANJAB BARAT – Sebagai salah satu wilayah rawan akan Karhutla dipropinsi Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat kini berstatus siaga Karhutla.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjabbar, Zulfikri, Senin (22/3/21)

Ia menyebutkan bahwa status wilayah Tanjabbar, dari kesiapsiagaan menjadi siaga Karhutla setelah di tetapkan pada 3 Maret lalu.

Adapun penetapan ini juga didasari pada sejumlah kejadian Karhutla yang telah terjadi pada beberapa waktu lalu khususnya selama 2021 ini.

” Untuk Tanjabbar kejadian kebakaran sudah terjadi selama empat kali. Kemudian untuk
memantapkan dan memaksimalkan kerja unit satgas, kita menaikan status dari kesiapsiagaan menjadi siaga,” Ujarnya.

Baca Juga :  Cari Selamat dari Jeratan Hukum, Budi Azwar Hadirkan Saksi Ahli, 3 Lainnya di Vonis

Zul juga menyebutkan bahwa, berdasarkan rilis dari BMKG, ditemukan setidaknya 13 titik hotspot dan adapun luas lahan yang terbakar selama Januari hingga Maret dalam empat titik kejadian sebanyak 3,5 hektare lahan

” Terkait pengendalian hutan dan lahan kita telah melaksanakan rapat koordinasi soal karhutla yang terdiri dari unsur -unsur Pemda dan stakholder dan telah sepakat untuk mendirikan posko induk Karhutla.

” Kita sepakat dari tanggal 3 Maret bertempat di desa Muntialo kita dirikan posko Induk, penempatan posko induk ini khusus untuk pengendalian operasi darat. Jadi kalau ada kejadian karhutla di luar dari lokasi desa atau Kecamatan maka akan di lakukan secara mobile,” Katanya.

Baca Juga :  Toreh Prestasi Taekwondo, Danrem Gapu Apresiasi Semangat dan Jiwa Petarung Atlet

Sementara itu, dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tidak melakukan pembakaran lahan, meskipun memang saat ini kondisi cuaca masih di imbangi dengan adanya hujan baik dengan intensitas ringan hingga sedang.

” Kita tetap menghimbau untuk masyarakat jangan membakar lahan. Meskipun kita lihat sesekali ada hujan, namun tetap saat ini cuaca panas masih mendominasi,” Himbaunya.(*/hb)

Share :

Baca Juga

Intro

Anwar Sadat di Tunjuk Jadi Ketua DPD PAN Tanjabbar.

Intro

Sejumlah Umat Beragama di Tanjabbar di Vaksinasi

Intro

Selama 2020, Tercatat Ada 16 Kasus Karhutla di Tanjabbar

Intro

Toreh Prestasi Taekwondo, Danrem Gapu Apresiasi Semangat dan Jiwa Petarung Atlet

Intro

Ajenrem 042/Gapu Gelar Kampanye Kreatif dan Werving Penerimaan Prajurit TNI

Intro

Hasil Rapid Test Antigen Prajurit dan PNS Korem 042/Gapu Negatif

Intro

Basarnas Selamatkan 2 Nelayan Kuala Tungkal Mati Mesin di Perairan Kuala Tengah

Intro

Peduli Sesamo, Anggota Satgas TMMD Bagikan Sembako Gunakan Sepeda Motor