LIVE TV
Didampingi Kabid Cikar, Bupati Anwar Sadat Tinjau Jembatan dan Jalan Rusak Rapat Kerja di Forum TJSLP, Bupati Anwar Sadat Minta Perusahan Jujur dan Terbuka Ratusan PNS di Tanjabbar Masuk Masa Pensiun, Terbanyak Tenaga Guru Tinjau Vaksinasi Massal, Wabup: Kita Targetkan 40-50% Masyarakat Sudah Tervaksin Wabup Hairan Pimpin Zoom Meeting Persiapan Kunker Mendikbudristek

Home / Intro

Senin, 22 Maret 2021 - 17:01 WIB

Status Wilayah Tanjabbar Masuk Siaga Karhutla.

TANJAB BARAT – Sebagai salah satu wilayah rawan akan Karhutla dipropinsi Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat kini berstatus siaga Karhutla.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjabbar, Zulfikri, Senin (22/3/21)

Ia menyebutkan bahwa status wilayah Tanjabbar, dari kesiapsiagaan menjadi siaga Karhutla setelah di tetapkan pada 3 Maret lalu.

Adapun penetapan ini juga didasari pada sejumlah kejadian Karhutla yang telah terjadi pada beberapa waktu lalu khususnya selama 2021 ini.

” Untuk Tanjabbar kejadian kebakaran sudah terjadi selama empat kali. Kemudian untuk
memantapkan dan memaksimalkan kerja unit satgas, kita menaikan status dari kesiapsiagaan menjadi siaga,” Ujarnya.

Baca Juga :  Vaksin Covid-19 di Tanjab Barat Prioritas Untuk Tenaga Kesehatan

Zul juga menyebutkan bahwa, berdasarkan rilis dari BMKG, ditemukan setidaknya 13 titik hotspot dan adapun luas lahan yang terbakar selama Januari hingga Maret dalam empat titik kejadian sebanyak 3,5 hektare lahan

” Terkait pengendalian hutan dan lahan kita telah melaksanakan rapat koordinasi soal karhutla yang terdiri dari unsur -unsur Pemda dan stakholder dan telah sepakat untuk mendirikan posko induk Karhutla.

” Kita sepakat dari tanggal 3 Maret bertempat di desa Muntialo kita dirikan posko Induk, penempatan posko induk ini khusus untuk pengendalian operasi darat. Jadi kalau ada kejadian karhutla di luar dari lokasi desa atau Kecamatan maka akan di lakukan secara mobile,” Katanya.

Baca Juga :  Umur Lewat Kriteria, Bupati Safrial Tak Kena Vaksin COVID-19

Sementara itu, dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tidak melakukan pembakaran lahan, meskipun memang saat ini kondisi cuaca masih di imbangi dengan adanya hujan baik dengan intensitas ringan hingga sedang.

” Kita tetap menghimbau untuk masyarakat jangan membakar lahan. Meskipun kita lihat sesekali ada hujan, namun tetap saat ini cuaca panas masih mendominasi,” Himbaunya.(*/hb)

Share :

Baca Juga

Intro

Cegah Masyarakat Tidak Bakar lahan, Polres Tanjabbar Buat Program ini

Intro

Danrem 042/Gapu Hadiri Pembukaan Latgab Penanganan Karhutla Provinsi Jambi

Intro

Tiga Unit Halte Sungai di Tanjabbar di Resmikan

Intro

Ketua TP PKK Tanjabbar Ikuti Webinar dengan TP PKK Pusat

Intro

Polda Jambi Imbau Warga Tak Lakukan VCS

Intro

Toreh Prestasi Taekwondo, Danrem Gapu Apresiasi Semangat dan Jiwa Petarung Atlet

Intro

Fachrori Umar Pamitan Dengan Masyarakat Jambi

Intro

Gandeng ACT, Bupati Anwar Sadat Serahkan Bantuan Kursi Roda ke Azwir