Audensi Bersama Bupati Anwar Sadat, PBSI Tanjabbar Sampaikan Program Ini Ketua DPRD Tanjabbar Hadiri Pengukuhan Dewan Pimpinan MUI Pemkab Tanjabbar Akan Benahi Infrastruktur Menuju Wisata Mangrove Pangkal Babu Dewan Pimpinan MUI Tanjabbar di Kukuhkan, Ini Harapan Bupati Anwar Sadat Bupati Anwar Sadat Hadiri Haul ke-11 Syekh Muhammad Ali Bin Syekh Abdul di Ponpes AlBaqiyatush Shalihat

Home / Tanjabbar

Minggu, 21 November 2021 - 10:23 WIB

Dilanda Banjir, Akses Jalan di Desa Tanjung Paku Lumpuh Total

TANJABBAR – Sejumlah Wilayah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, saat dilanda banjir. Salah satu yang terdampak terendam banjir tersebut yakni, Desa Tanjung Paku di Kecamatan Merlung.

Hujan deras yang menguyur sejak beberapa pekan terakhir ini. Setidaknya ada 36 Kepala Keluarga (KK) di desa ini terendam banjir akibat luapan aliran sungai pengabuan.

Tak cuma itu, luapan air sungai membuat akses keluar masuk ke Desa ini lumpuh total.

Kades Tanjung Paku, Marwanto membenarkan jika desa diwilayah nya
sejak beberapa hari lalu teredam banjir hingga menutupi akses jalan desa.

” Banjir terjadi sejak beberapa hari lalu. Karena Air Sungai Pengabuan meluap ke Jalan hingga Jum’at (19/11/21) malam Air masuk ke Rumah Warga. Selain itu akses keluar masuk Desa lumpuh Total,” Ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Anwar Sadat Hadiri Haul ke-11 Syekh Muhammad Ali Bin Syekh Abdul di Ponpes AlBaqiyatush Shalihat

Banjir yang melanda desa Tanjung Paku, kata dia ketinggian air mulai dari 70 Centimeter hingga 1 Meter. Menurutnya, penyebab Banjir imbas dari curah hujan cukup tinggi sehingga menyebabkan debit air Sungai meluap.

” Mungkin juga karena banyak perambahan Hutan dibarengi dengan Replanting Sawit sehingga ketika curah hujan tinggi resapan Air kurang. Padahal sejak beberapa tahun terakhir tidak terjadi Banjir. Baru ini terjadi lagi,” Ungkapnya.

Demikian ia mengungkapkan, untuk sementara ini hasil laporan Para Ketua RT setempat yang diterimanya, warga banjir terdampak banjir ini diperkirakan 36 KK.

” Jumlah warga terdampak dari RT 1, 2, 3, 4 dan 7 ada 36 KK terdampak,” jelasnya.

Baca Juga :  Nyeloteh dan Nyindir Pemerintah di Medsos, Anggota DPRD Jamal di Kritik Ketua P3S

Terhadap Warga terdampak ini, dijelaskan nya saat ini diungsikan ke Tenda seadanya yang didirikan oleh Warga yang tidak terdampak Banjir secara Gotong Royong dan ada juga yang mengungsi ke Rumah keluarga masing-masing.

” Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Sementara ini warga terdampak kita ungsikan ke tenda seadanya yang dibuat Warga secara gotong royong. Termasuk Rumah saya juga terdampak, saat ini saya mengungsi ke Rumah orang tua,” Pungkasnya.

Sementara itu, informasi yang beredar sejumlah desa yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat saat ini juga terendam banjir. Sejumlah akses penunjang ekonomi warga pun mengalami kerusakan, salah satu nya infrastruktur jembatan yang hanyut terseret arus sungai.(*)

Share :

Baca Juga

Tanjabbar

Bahas Persiapan MTQ, Wabup Hairan Koordinasi Dengan Pj Gubernur

Covid-19

Ksusu Corona di PetroChina Bertambah, ISNU Tanjabbar Minta Pemkab dan Pemprov Harus Segera Bertindak

Tanjabbar

Bupati Anwar Sadat Hadiri Syukuran dan Peresmian Aliran Listrik PLN di Seko

Tanjabbar

Ini identitas Mayat Mengapung di Sungai Pengabuan.

Tanjabbar

Pemkab Tanjab Barat Terima 50 Sertifikat Tanah dari BPN

Tanjabbar

7 Kecamatan dan 24 Desa di Tanjabbar Rawan Karhutla

Tanjabbar

Seorang Pria di Tanjabbar, di Temukan Gantung Diri

Tanjabbar

Paripurna Pembahasan 4 Raperda, Tubagus: Kami Fraksi PDIP Sepakat Atas Raperda