Dorong Percepatan Pembangunan GI di Tanjabbar, Gubernur: Kita Desak Tahun Ini Rampung Para Da’i Tanjabbar, Tagih Janji Politik Bupati Anwar Sadat Koserbu Salurkan Donasi Secara Simbolis ke Majelis Sirojutholibin Ulu GedongĀ  TGB di Kukuhkan Jadi Ketua Harian DPP, Pengurus DPD Tanjabbar Beri Apresiasi Pemkab Tanjabbar Berkomitmen Tingkatkan Nilai SAKIP tahun 2022
Iklan HUT

Home / Tanjabbar

Minggu, 21 November 2021 - 10:23 WIB

Dilanda Banjir, Akses Jalan di Desa Tanjung Paku Lumpuh Total

TANJABBAR – Sejumlah Wilayah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, saat dilanda banjir. Salah satu yang terdampak terendam banjir tersebut yakni, Desa Tanjung Paku di Kecamatan Merlung.

Hujan deras yang menguyur sejak beberapa pekan terakhir ini. Setidaknya ada 36 Kepala Keluarga (KK) di desa ini terendam banjir akibat luapan aliran sungai pengabuan.

Tak cuma itu, luapan air sungai membuat akses keluar masuk ke Desa ini lumpuh total.

Kades Tanjung Paku, Marwanto membenarkan jika desa diwilayah nya
sejak beberapa hari lalu teredam banjir hingga menutupi akses jalan desa.

” Banjir terjadi sejak beberapa hari lalu. Karena Air Sungai Pengabuan meluap ke Jalan hingga Jum’at (19/11/21) malam Air masuk ke Rumah Warga. Selain itu akses keluar masuk Desa lumpuh Total,” Ujarnya.

Baca Juga :  Penyeludupan Ratusan Ribu Benih Lobster Digagalkan Polres Tanjabbar

Banjir yang melanda desa Tanjung Paku, kata dia ketinggian air mulai dari 70 Centimeter hingga 1 Meter. Menurutnya, penyebab Banjir imbas dari curah hujan cukup tinggi sehingga menyebabkan debit air Sungai meluap.

” Mungkin juga karena banyak perambahan Hutan dibarengi dengan Replanting Sawit sehingga ketika curah hujan tinggi resapan Air kurang. Padahal sejak beberapa tahun terakhir tidak terjadi Banjir. Baru ini terjadi lagi,” Ungkapnya.

Demikian ia mengungkapkan, untuk sementara ini hasil laporan Para Ketua RT setempat yang diterimanya, warga banjir terdampak banjir ini diperkirakan 36 KK.

” Jumlah warga terdampak dari RT 1, 2, 3, 4 dan 7 ada 36 KK terdampak,” jelasnya.

Baca Juga :  Audiensi Bersama Jurnalis, UAS: Peran Media Sangat Vital

Terhadap Warga terdampak ini, dijelaskan nya saat ini diungsikan ke Tenda seadanya yang didirikan oleh Warga yang tidak terdampak Banjir secara Gotong Royong dan ada juga yang mengungsi ke Rumah keluarga masing-masing.

” Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Sementara ini warga terdampak kita ungsikan ke tenda seadanya yang dibuat Warga secara gotong royong. Termasuk Rumah saya juga terdampak, saat ini saya mengungsi ke Rumah orang tua,” Pungkasnya.

Sementara itu, informasi yang beredar sejumlah desa yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat saat ini juga terendam banjir. Sejumlah akses penunjang ekonomi warga pun mengalami kerusakan, salah satu nya infrastruktur jembatan yang hanyut terseret arus sungai.(*)

Share :

Baca Juga

Tanjabbar

Bupati Anwar Sadat Tinjau Normalisasi Saluran Air

Tanjabbar

Selama 2021, Kasus Laka di Tanjabbar Meningkat, Puluhan Korban Meninggal Dunia

Tanjabbar

Perum Bulog Kuala Tungkal Distribusikan Beras Bantuan PPKM

Tanjabbar

Perdana, Kejari Tanjabbar ‘ Menggugat’ Pembebasan Kekuasaan Orang Tua Terhadap Anak

Tanjabbar

Rapat Evaluasi LPPK, Bupati Tanjabbar Himbau OPD Laksanakan Program Kegiatan

Tanjabbar

Bupati Anwar Sadat Panen Perdana Cabai Demplot di Desa Purwodadi

Tanjabbar

Kapolres Tanjabbar Salurkan 6 Ton Beras Bansos Bantuan Kapolda Jambi Ke Masyarakat

Tanjabbar

Jelang Ramadhan, Polres Tanjabbar Cek Kesediaan Migor di Distributor