LIVE TV
Diambil Sumpah, Hasbi dilantik Jadi Anggota DPRD Tanjabbar Bupati Anwar Sadat Bersama Rombongan, Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Tanjabtimur Muhammad Andika Jabat Ketua Repdem Tanjabbar, Organisasi Sayap Milik PDI-P Tanjabbar Zona Merah, Jam Malam Kembali di Terapkan Sejumlah Desa di Tanjabbar Jadi Lokus Stunting

Home / Berita Militer

Sabtu, 14 November 2020 - 21:57 WIB

Gelar Latgulbencal, Korem 042/Gapu Libatkan 150 Personel Gabungan

Personil Memperagakan Beberpa Materi Latihan Penanggunalan Bencana. [FOTO : JambiNET/REM042]

Personil Memperagakan Beberpa Materi Latihan Penanggunalan Bencana. [FOTO : JambiNET/REM042]

JAMBI – Komando Resor Militer 042/Gapu Jambi menggelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal) Tahun 2020.

Latihan melibatkan 150 personil gabunagn itu digelar di Desa Rantau Karya, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjab Timur, Sabtu (14/11/20).

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M.Zulkifli, membuka kegiatan mengatakan tujuan latihan penanggulangan bencana alam, guna menyatukan visi dan misi serta melatih kerjasama antar instansi dalam dalam penanggulangan bencana di wilayah.

“Upaya penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab kita bersama. Untuk itu dalam Latihan ini, dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing instansi kita aplikasikan dan kita sinergikan sehingga bila terjadi bencana alam di wilayah kita dapat segera ditangani dengan optimal,” ujar Danrem.

Danrem juga menyampaikan, bahwa latihan terpadu penanggulangan bencana alam dilaksanakan untuk mendapat gambaran tentang kemampuan dan kesiapsiagaan operasional Korem 042/Gapu dan jajarannya dalam penanggulangan bencana alam.

Baca Juga :  Rakor Bersama KPK, UAS: Pemkab Tanjabbar Fokus Penertiban Aset

“Selain itu, kegiatan ini juga untuk menguji validitas Rencana Tindakan Kontijensi (Rentikon) Protap dalam rangka perbantuan TNI kepada Pemda sebagai langkah dan tindakan TNI dengan Polri, Pemda, BPBD, Ormas, Relawan dan masyarakat agar terdapat visi, interpretasi tentang prosedur dan tindakan teknis dalam penanggulangan bencana di wilayah Jambi,” ujar Jenderal TNI Bintang Satu itu.

Selain sebagai antisipasi dan kesiapsiagaan, latihan penanganan bencana alam ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dalam membantu masyarakat dan pemerintah setempat serta menjalankan tugas pengabdian kepada masyarakat dan negara.

“Latihan ini penting dilakukan bagi setiap prajurit, sebab di jajaran TNI tidak mengenal istilah prajurit hebat, yang ada hanyalah prajurit terlatih,” imbuhnya.

Zulkifli menambahkan, latihan drill taktis ini langsung dihadapkan seolah-olah dengan situasi keadaan medan yang sebenarnya dan sasaran utamanya yakni penanggulangan kebakaran lahan dan hutan.

Baca Juga :  Kejari Tanjabbar Bakal Lelang Kendaraan, Ini Jenisnya

Hal lain yang tidak kalah penting dalam latihan Gulben Karhutla, yaitu untuk melatih prajurit jajaran Korem 042/Gapu sehingga apabila dihadapkan dengan kejadian sebenarnya sudah memahami mekanisme dalam melakukan tugasnya serta membiasakan untuk selalu berkoordinasi antar instansi terkait sampai ke tingkat terkecil.

“Koordinasi mudah diucapkan, namun seringkali susah dalam pelaksanaan atau penerapan di lapangan, padahal kita ketahui bersama bahwa keberhasilan suatu kegiatan salah satunya didukung oleh koordinasi yang baik,” tegasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Kasrem 042/Gapu Kolonel Kav Rayen Obersyl serta para Kasi Kasrem 042/Gapu, Karoops Polda Jambi Kombes Imam, Para Dan/Kasat Balak Jajaran Korem 042/Gapu, Kalak BPBD Prov.Jambi, Dandim 0419/Tanjab, Pimpinan PT.Wira Karya Sakti (WKS), para Kadis terkait, Kepala BMKG Prov.Jambi, Kepala Basarnas Prov.Jambi, Kepala TNBS Prov.Jambi, Kepala Manggala Agni Prov.Jambi dan para undangan lainnya.(*)

Share :

Baca Juga

Berita Militer

Dandim Tanjab Ingatkan Warga Potensi Karhutla di Tengah Pandemi Covid-19

Berita Militer

TNI Angkatan Darat Gelar Rapat Pimpinan TA 2021

Berita Militer

Hari Juang Kartika TNI AD, Korem 042/Gapu Anjangsana pada Keluarga Veteran

Berita Militer

Danrem 042 Gapu Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Perangi Narkoba

Berita Militer

Ditengah Pandemi Covid-19, Pembukaan TMMD 108 Kodim 0419/Tanjab Tetap Berlangsung Secara Sederhana

Berita Militer

Danrem 042/Gapu Ikuti Vicon Rapat Evaluasi Pelaksanaan PROGJA dan Anggaran Kodam II/SWJ

Berita Militer

Koramil Jambi Selatan Laksanakan Vaksinasi Pertama Secara Serentak

Berita Militer

Babinsa dan Tim Satgas Covid 19 Pematanglumut Sosialisasikan PPKM Mikro