Dongkrak Sektor Pariwisata, Investasi dan Bisnis di Kepri, Imigrasi Luncurkan Multiple Entry Visa BKPSDM Tanjabbar Gelar Bimtek Tata Kelola BLUD Bagi Nakes Publikasi Data Stunting Tingkat Kabupaten, Zaharudin: dilakukan Berjenjang dan Pencegahan Secara Masif Bupati Anwar Sadat Buka Secara Resmi MTQ ke-50 Tingkat Kabupaten di Desa Suak Labu Demi Menjamin Mutu Dan Keselamatan Pasien, LAFKI Jakarta Melaksanakan Survey Akreditasi Di RS dr Bratanata Jambi

Home / Berita Militer

Rabu, 18 Agustus 2021 - 11:35 WIB

Korem 042 Gapu Gelar Garjas Satgaster Tetap Patuhi Prokes

JAMBINET.ID JAMBI – Sebanyak 20 prajurit Korem 042/Gapu yang telah ditunjuk untuk melaksanakan tugas sebagai Satgas Apter di Kodam XVII/Cendrawasih dan Kodam XVIII/Kasuari pagi ini, Rabu (18/8) melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) yang berlangsung di lapangan Makorem 042/Gapu Jambi.

Sebelum pelaksanaan Tes Kesegaran Jasmani yang dipimpin langsung oleh Kajasrem Kapten Inf Kholidi, Personel yang akan melaksanakan Garjas wajib melaksanakan prosedur pemeriksaan kondisi Kesehatan terlebih dahulu, dimulai dari pemeriksaan suhu dan tensi serta pemanasan untuk memastikan kondisi personel dalam melaksanakan Tes Garjas tersebut dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan.

Tes Garjas ini meliputi Garjas A lari selama 12 menit dan B berupa Pull Up, Sit Up, Push Up, Shuttle Run dan Lunges masing masing dilaksanakan selama 1 menit dan Shuttle run.

“20 prajurit Korem 042/Gapu tersebut harus diukur dan diuji akan kemampuannya sebelum melaksanakan tugas sebagai Satgas Apter, mengingat di daerah penugasan nantinya prajurit tersebut akan menghadapi berbagai dinamika,”jelas Kapten Inf Kholidi.

Baca Juga :  Pangdam II/Sriwijaya Kunjungi Kompi Senapan B Yonif Raider 142/KJ

Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM Hatta dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Garjas kali ini kita tetap mengacu pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan mengutamakan faktor keamanan.

Tak hanya itu, Hatta ini juga menambahkan, Garjas kali ini ditujukan terhadap personel yang akan melaksanakan penugasan sebagai Satgas Apter di Kodam XVII/Cendrawasih dan Kodam XVIII/Kasuari dan mereka berasal dari Satuan Kodim 0415/Jambi, Kodim 0416/Bute dan dari Yonif Raider 142/KJ.

“Garjas ini juga merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap prajurit yang akan melaksanakan tugas ke daerah penugasan baik didalam maupun luar negeri, tujuannya untuk mengukur kemampuan fisiknya, agar mampu dan prima dalam menghadapi berbagai kesulitan dan hambatan di daerah penugasan, apalagi dihadapkan dengan keadaan pandemi Covid -19 saat ini,” tegasnya.

Baca Juga :  Serpas Satgas TMMD 108 Kodim 0419/Tanjab Gunakan Kapal Motor

Ditambahkan Hatta, Sebelumnya mereka juga telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan umum dan pemeriksaan kesehatan jiwa yang dilaksanakan di Denkesyah.02-04-02 Jambi dan nanti siang akan dilanjutkan Litpers di Gedung Serbaguna Kiban Yonif R 142/KJ.

Dirinya menghimbau, selama mengikuti Garjas, seluruh peserta tetap bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh. Sebab, hal itu merupakan modal dasar selama mengikuti Tes Garjas. “Kondisi yang prima itu penting selama mengikuti Garjas,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf M Yamin Dano saat memantau langsung jalannya Garjas menyampaikan kepada awak Penrem bahwa Tes Kesegaran Jasmani bagi personel Satgas ini bertujuan untuk melihat sejauh mana tingkat kemampuan jasmani perorangan, juga untuk membentuk prajurit yang memiliki daya tahan tubuh yang prima serta memiliki kesegaran jasmani yang siap untuk melaksanakan tugas di daerah konflik. (**/Penrem042gapu)

Share :

Baca Juga

Berita Militer

Jelang Nataru, Danrem 042/Gapu Bersama Forkopimda Provinsi Jambi Rakor Lintas Sektoral

Berita Militer

Ditengah Pandemi Covid-19, Pembukaan TMMD 108 Kodim 0419/Tanjab Tetap Berlangsung Secara Sederhana

Berita Militer

Korem 042 Gapu Sediakan Wadah Pengaduan Melalui Website

Berita Militer

Siapkan Operator Drone Untuk Penugasan, Penrem 042/Gapu Latih Personel Yonif R 142/KJ

Berita Militer

Pasien Positif Covid-19 di Secapa AD Tersisa 71 Orang

Berita Militer

Dandim 0419/Tanjab Pantau Langsung Pelaksanaan Vaksinasi Lansia

Berita Militer

Danrem 042/Gapu Resmikan Dua Koramil Di Wilayah Kerinci

Berita Militer

Akhiri Tugas, Dansatgas Pamtas Yonif R 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin Pamitan dengan Bupati Belu