Kasad Akan Merekrut Calon Prajurit dari Santri. Kota Kuala Tungkal di Landa Banjir Rob, Sejumlah Kendaraan ‘Mogok’ Cuaca Ekstrem, Speedboat Tujuan Kuala Tungkal Pulau Kijang Alami Kecelakaan Danrem 042/Gapu Terima Kunjungan Waasops Kasad Bidang Siapsat Melalui Pendayagunaan Koramil Model, Korem 042/Gapu Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Apkowil

Home / Berita Militer

Minggu, 12 September 2021 - 06:21 WIB

Lestarikan Lingkungan Hidup, Kodim Jambi Gelar Aksi Tanam Pohon

JAMBI, jambinet.id – Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan, Kodim 0415/Jambi melaksanakan pelestarian dan penyuluhan pembinaan lingkungan hidup di area belakang pasar Angso Duo Baru, Kota Jambi, Jum’at (10/9/2021) lalu.

Penanaman pohon yang dihadiri oleh Kasiter Korem 042/Gapu Kolonle Arh M. Ibnu Sukelan bersama Ditpolair Jambi, Kadis Kehutanan Prop Jambi, Kadis DLHD Kota Jambi, Ka BPDAS Batanghari, serta pengelola Pasar Angso duo dan Pramuka ini merupakan bentuk kegiatan penghijauan untuk melestarikan lingkungan, ungkap Danramil Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko saat di wawancarai awak media mewakili Dandim 0415/Jambi.

Penghijauan merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan yang merupakan program dan perintah dari Komando atas yang harus dilaksanakan di seluruh satuan jajaran Kodim 0415/Jambi,” ucapnya.

Diharapkan penyelenggaraan program kegiatan pembinaan lingkungan hidup ini dapat membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan gerakan menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, khususnya dalam kegiatan penghijauan dengan mengambil tema “Bersinergi dalam Menjaga dan Melestarikan Lingkungan”.

Baca Juga :  Korem 042 Gapu Sediakan Wadah Pengaduan Melalui Website

Area penanaman merupakan kawasan terbuka belakang pasar yang berbatasan langsung dengan aliran sungai Batanghari. Selain berfungsi sebagai penghijauan untuk menjaga, melestarikan dan keselarasan oksigen sekaligus untuk menyerap air, menahan erosi dan menjaga aliran sungai agar bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, lanjut Mayor Widi.

Selain memberikan kesan segar dan memperindah pemandangan di kawasan terbuka tersebut, penghijauan ini juga memberikan banyak manfaat bagi lingkungan. Pohon-pohon yang ditanam akan mengatasi polusi, mencegah erosi, memelihara kualitas air sungai dan memberikan suplai oksigen bagi manusia.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa selain sebagai tanggung jawab moral terhadap kelestarian lingkungan, kegiatan ini juga menghadirkan edukasi bagi masyarakat tentang pemeliharaan lingkungan, terutama tentang budaya bersih.

“Dengan penanaman pohon, paling tidak kita sudah memberi edukasi kepada masyarakat untuk menumbuhkan budaya bersih. Dan budaya ini harus dimulai sejak dini, dari sekarang, sebelum semuanya terlambat.” ujarnya.

Baca Juga :  Dansatgas Pamtas Yonif R 142/KJ Pamitan dengan Kapolres Belu

Pemahaman yang menyeluruh akan pentingnya pelestarian dan kebersihan lingkungan akan sangat membantu dalam hal pelestarian sungai, lingkungan, udara dan kawasan agar benar-benar bermanfaat bagi kehidupan manusia, imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama Kasiter Korem 042/Gapu Kolonel Arh M. Ibnu Sukelan menyampaikan, banyak terima kasih kepada para peserta kegiatan penghijauan.

“Walaupun tengah menghadapi situasi Pandemi Covid-19, kita masih dapat melaksanakan kegiatan ini, tetap pedomani protokol kesehatan dengan pakai masker, biasakan cuci tangan, jaga jarak, biasakan pola hidup bersih dan sehat setiap kita melaksanakan kegiatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

“Semoga untuk kegiatan pelestarian lingkungan hidup dengan penanaman pohon ini bukan hanya sekedar seremonial melaksanakan program, namun juga selalu kita pelihara yang tujuan nantinya untuk generasi penerus kita dan dapat dirasakan manfaatnya oleh anak cucu kita di masa mendatang,” lanjutnya. (**/dwp/fds)

Share :

Baca Juga

Berita Militer

Korem 042/Gapu Turukan 1.400 Personil Amankan Pilkada

Berita Militer

Bantu Korban Banjir, Kodam Xlll/Merdeka Dirikan Dapur Umum

Berita Militer

Kasrem 042/Gapu Tawarkan Solusi Permasalahan Mobilitas Angkutan Batu Bara di Jambi

Berita Militer

Danrem ; Program BEDIL Jadi Penyemangat Belajar Secara Virtual ditengah Pandemi

Berita Militer

Ditengah Pandemi Covid-19, Pembukaan TMMD 108 Kodim 0419/Tanjab Tetap Berlangsung Secara Sederhana

Berita Militer

Pangdam II/Sriwijaya Lantik 500 Prajurit Tamtama di Rindam II/Swj

Berita Militer

Danrem 042/Gapu Ingatkan Prajurit Disiplin Patuhi Protokol Kesehatan

Berita Militer

Bersama Gubernur dan FKPD, Danrem 042/Gapu Hadiri Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan