Kabag Prokopim Tanjabbar Tepis Isu Jual Beli Jabatan Terima TPP Tiap Bulan, Kinerja Kabid PKS Kesbangpol Tanjabbar di Sorot Danrem 042/Gapu Ikuti Vicon Dengan Kasum TNI Bahas Pencapaian Dosis Vaksinasi Dihantam Tugboat Maju Jaya, Dermaga Teluk Kempas Alami Kerusakan Rombak Kabinet, Wabup Hairan Lantik 14 Pejabat Eselon III dan IV

Home / Berita Militer

Jumat, 18 Juni 2021 - 17:36 WIB

Peduli Lingkungan, Persit KCK Koorcab Rem 042 Tanam Mangrove

JAMBINET MILITER – Sebagai bentuk peduli dalam pelestarian lingkungan, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 042 PD II/Sriwijaya Ny. Dewi Zulkifli melakukan kegiatan yang berkontribusi nyata melalui kegiatan positif yang berorientasi pada pemberdayaan lingkungan.

Salah satu bentuk kepedulian adalah dengan ikut serta dalam penanaman tanaman bakau atau yang sering disebut juga mangrove.

Keberadaan ekosistem mangrove terbilang cukup penting khususnya bagi kawasan pesisir, baik sebagai benteng pertahanan terhadap resiko bencana maupun sebagai mata pencaharian alternatif melalui pengembangan industri pariwisata.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 042 PD II/Sriwijaya setelah melakukan penanaman pohon mangrove di Fesa Sinar Kalimantan, Kecamatan Mendahara, Jum’at, (18/06/2021).

Baca Juga :  Asah Kemampuan di Tengah Pandemi, Korem Gapu Gelar Latihan Menembak

Kegiatan menanam bakau yang didampingi oleh Danramil 0419-01 MS dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Ranting Cabang XXVI Tungkal Ulu serta unsur Fokopimcam Mendahara, Kades Sinar Harapan dengan tujuan utama sebagai pencegah abrasi dan erosi (pengikisan tanah) di kawasan pantai.

“Ekosistem mangrove juga menjadi tempat hidup biota laut dan satwa-satwa disekitar area itu” Terangnya disela-sela melakukan penanaman mangrove.

Menurutnya, saat ini sudah banyak lembaga dan elemen masyarakat yang turut serta dalam kegiatan menanam mangrove, tujuannya tak lain untuk memperbaiki lahan dan wilayah kawasan pesisir yang rusak agar hijau kembali.

Baca Juga :  Danrem 042/Gapu Tinjau Lokasi Kebakaran di Desa Mendahara Tengah

Keberadaan ekosistem mangrove memberikan banyak manfaat bagi keseimbangan lingkungan, disamping itu peran lainnya Mencegah Erosi Pantai, Mencegah Pemanasan Global, Mempengaruhi iklim dan cuaca, Menjaga Kualitas Air dan Udara, Pengembangan Kawasan Pariwisata.

Penanaman Mangrove kian di berdayakan sebab pohon Mangrove diyakini mempunyai sistem perakaran yang sangat kuat sehingga mampu meredam energi gelombang laut yang terjadi dan dapat menahan arus serta sedimen yang dibawa oleh gelombang. (**/red)

Share :

Baca Juga

Berita Militer

Danrem Gapu : Harus Ada Terobosan Baru Dalam Penanganan Karhutla

Berita Militer

Olahraga Bersama Kasad di Akademi Militer : Sayangi Anak Buah

Berita Militer

Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi di Makorem 042/Gapu, Pj Gubernur Jambi : “Pemrov Targetkan 461.000 orang di Vaksin”

Berita Militer

Wujudkan Sumsel Damai, Pangdam II/Sriwijaya dan Kapolda Gelar Tatap Muka Bersama Tokoh Lintas Agama

Berita Militer

Pembangunan Panti Asuhan Korem Gapu Diperuntukkan Bagi Anak Yatim Piatu

Berita Militer

Danrem 042 Gapu Ajak Elemen Masyarakat Bersinergi Percepat Penanganan Covid – 19

Berita Militer

Danrem 042/Gapu Ucapkan Selamat Hari Bhayangkara Ke-74, “Semoga POLRI Selalu Dicintai Masyarakat”

Berita Militer

Korem 042 Gapu Umumkan Pemenang Lomba Gowes dan Run Virtual dalam Rangka HUT ke- 75 TNI