Kasad Akan Merekrut Calon Prajurit dari Santri. Kota Kuala Tungkal di Landa Banjir Rob, Sejumlah Kendaraan ‘Mogok’ Cuaca Ekstrem, Speedboat Tujuan Kuala Tungkal Pulau Kijang Alami Kecelakaan Danrem 042/Gapu Terima Kunjungan Waasops Kasad Bidang Siapsat Melalui Pendayagunaan Koramil Model, Korem 042/Gapu Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Apkowil

Home / Berita Militer

Jumat, 13 Agustus 2021 - 18:35 WIB

Tinjau PPKM Level IV Di Merangin, Danrem 042/Gapu Ingatkan Masyarakat Disiplin Gunakan Masker

JAMBINET.ID MERANGIN – Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli, S.I.P.,M.M mengatakan bahwa untuk saat ini ada 2 penambahan level 4 PPKM yang dari sebelumnya hanya 1 yaitu Kota Jambi bertambah menjadi Kabupaten Batanghari dan Merangin.

“Adapun alasan Kabupaten Merangin ditetapkan menjadi status PPKM Level 4 adalah CFR = angka kematian (data kematian) di Merangin mencapai 6,24 % (88 orang), Tracing yang rendah, Minimnya tracing menyebabkan minimnya Testing. (Harapannya 1 :15 orang perhari)

Hal tersebut disampaikannya saat meninjau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Kab. Merangin. Jum’at (13/08/21).

Dari data swab PCR, Merangin mencapai 40% kasus positif (rate) sedangkan WHO memberikam standard hanya 5%.

Perintah testing dari Kemendagri adalah dilakukan 5800 testing setiap harinya. Bor Covid (jumlah tempat tidur yang digunakan dinrumah sakit akibat Covid) di Merangin sangat tinggi yaitu sekitar 75%. Data Vaksin yang masih rendah dan tidak mencapai 24%.

“Adapun cara untuk menurunkan status PPKM adalah dengan cara Back to basic yaitu masyarakat harus dipaksa menggunakan masker dengan target penggunaan masker oleh masyarakat sekitar 90-95% dan masyarakat bisa saling mengingatkan untuk menggunakan masker,

Mencegah kerumunan masyarakat, mencegah mobilitas masyarakat, membatasi acara-acara seperti hajatan kawinan dan kegiatan keagamaan (larang/ikuti aturan pembatasan jumlah),” jelas Danrem.

“Terkait masalah isolasi mandiri akan dilakukan isolasi terpusat. Dan mungkin kedepan kata “isolasi” lebih baik diganti dengan kata lain. Lakukan edukasi kepada masyarakat agar masyarakat dapat dengan mudah (rasa percaya) untuk dilakukan penanganan terkait isolasi dan juga kita harus menyiapkan segala macam bentuk fasilitas yang dibutuhkan oleh pasien isolasi di tempat Isolasi (Isoter).

Isolasi mandiri adalah salah satu membengkaknya kasus. Karena kasus paling besar terjadi pada ruang lingkup klaster keluarga yang ditentukan dengan (kriteria kelayakan) oleh karena itu untuk menurunkan Case maka perlu dipercepat pelaksanaan Isolasi Terpusat.

Baca Juga :  Danrem Brigjen TNI M. Zulkifli Terima Piagam Penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jambi

Dalam hal pelaksanaan isolasi bagi pasien Covid-19, hari Ke-7 dan ke-8 dinilai hari yang paling rawan untuk itu perlu diawasi secara intens, “jelasnya lagi.

“Adapun point-point penting dalam kegiatan tersebut antara lain Tingkatkan tracing dan Testing, Minta penambahan Vaksin ke Pemerintah Pusat (Provinsi), Minta penambahan alat swab antigen ke Pemerintah Pusat (Provinsi), Perbanyak Isolasi Terpusat, tekan penggunaan masker kepada masyarakat.

Gunakan alat Transportasi milik Instansi yang dilengkapi dengan sound system (pengeras suara) untuk dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat memahami juga menaati aturan yang berlaku terkait aturan Covid-19, dan bertujuan status PPKM Mikro Level 4 di Merangin dapat di tekan dan menurun statusnya.

“Mari kita laksanakan apa yang sudah menjadi perintah dan apa yang di inginkan pemerintah pusat menjadi keinginan presiden keinginan Bapak Gubernur untuk menurunkan kasus Covid-19 di wilayah Kab. Merangin.

“Saya yakini dengan kita bersinergi dan kerjasama saling mendukung antara satu dengan yang lain kita harapkan penanganan Covid-19 di Kabupaten Merangin dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” pungkas Danrem.

Sebelumnya, Danrem menerima paparan dari Plt. Bupati Merangin H. Mashuri di Aula Depati Payung Bappeda Kab Merangin yang dihadiri Plt Bupati Merangin H Mashuri, S.Pd, MM., Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radiya Diansyah Lubis, S.A.P., M.Han., Ketua DPRD Kab. Merangin Herman Efendi, ST, MM., Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy, S.I.K., Kajari Merangin Dr. Raden Roro Theresia Tri Widorini, S.E., Ak.,S.H.,M.H., Pj Sekda Kab Merangin Muhtamar Hamdi, SE, MM.

Selain itu juga hadir Asisten dan Staff Ahli Setda Merangin, Seluruh Kepala OPD Dilingkup Pemkab Merangin, Kasi Intel Kajari Merangin Moch Taufik Yanuarsyah, SH, Seluruh perwira Kodim 0420/Sarko dan Perwira Polres Merangin serta tamu undangan lainnya.

Baca Juga :  Danrem 042/Gapu Warning Anggota Jajaran Pakai Narkoba Akan Dipecat

Dalam paparannya Plt Bupati Merangin menjelaskan telah mengambil langkah memusatkan para warga yang sebelumnya melakukan Isolasi mandiri (Isoman) di rumahnya masing-masing, disatukan di satu tempat.

“Kami sudah mulai menjemput warga yang melaksanakan Isoman dari rumahnya untuk dibawa ke lokasi Isoman Pemkab Merangin di Hotel Permata.

Ada 28 kamar, dimana satu kamarnya ada yang dua bad dan tiga bad, jadi bisa menampung sekitar 75 orang.

Tempat Isoman lainnya ada di Rumah Sehat Dinsos Merangin dan khusus untuk Nakes yang terpapar Covid-19, sudah disediakan tempat Isoman di sebuah rumah dekat Kantor PLN Merangin, Di lokasi Isoman yang sudah ditentukan itu sudah disediakan Nakesnya, oksigen, juru masak, Sekuriti dan semua kebutuhan Isoman selama menjalani isolasi, agar lebih nyaman.

“Langkah yang selanjutnya kami mengalokasikan anggaran untuk PPKM ini, yang mana anggaran ini terus kita dorong untuk penanganan Covid-19 ini” pungkas Mashuri.

Selain paparan Plt. Bupati Merangin juga dilaksanakan paparan Kepala Dinas Kesehatan Kab. Merangin yang mengatakan saat ini pasien Isoman di Hotel permata sebanyak 14 Orang dan di rusunawa ada 8 kamar dilantai 5 setiap kamar ada 3 Bet, dan malam tadi Tim Satgas Kab Merangin juga sudah mengecek Hotel Rizki Pamenang, selanjutnya mungkin Hotel Merangin untuk pasien Isoman.

“Untuk Vaksin sekarang kita stoknya sudah menipis, karena sudah didistribusikan ke Puskesmas dalam Kab Merangin, nanti kami akan mengajukan Vaksin lagi ke Dinkes Prov Jambi,” ucap Kadiskes.

(Penrem042)

Share :

Baca Juga

Berita Militer

Sarasehan Pusterad-Media, Ketua Dewan Pers: Setialah pada Ikhtiar Memenuhi Janji Kemerdekaan

Berita Militer

Satu Rasa Bersama Dalam Gotong Royong Babinsa Dengan Warga di Lokasi TMMD Labuhan Pering

Berita Militer

Melalui Vicon, Danrem 042/Gapu Ikuti Rapat Dengan Panglima TNI Bahas Program Serbuan Vaksinasi Nasional

Berita Militer

Dansatgas Pamtas Yonif R 142/KJ Pamitan dengan Kapolres Belu

Berita Militer

Dandim 0419/Tanjab Bersama Forkopimda Tanjab Barat Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Berita Militer

HUT ke-75 TNI di Tengah Pandemi Covid-19, Danrem Gapu Ikuti Upacara Secara Virtual

Berita Militer

Kasiter Korem 042/Gapu Menghadiri Rapat Pleno Penghitungan PSU Pilgub Jambi

Berita Militer

Panglima TNI : Satgas BGC dan Kizi Kontingen Garuda Berhasil Dalam Misi PBB di Kongo