Wabup Tanjabbar Minta P3KE Harus lebih dioptimalkan Wabup Hairan Hadiri Kegiatan DIPA dan TKD Tahun 2023 Bupati Tanjabbar Hadiri Undangan Wapres Terkait Pencanangan RB Tematik dan Peresmian 26 MPP Ketua Fraksi PDI perjuangan Temui Pendemo Terkait UU Cipta Kerja Ingin Lebih Dekat Dengan Masyarakat, Hamdani Luncurkan Ambulance Gratis

Home / Berita Militer

Jumat, 19 Maret 2021 - 08:18 WIB

Antisipasi Karhutla, Danrem 042/Gapu Cek Pembuatan Sekat Kanal di Muarojambi

JAMBINET JAMBI – Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M.Zulkifli bersama Kapolda Jambi Irjen Pol A. Rachmad Wibowo dan Kajati Jambi, Johanis Tanak, pada Kamis (18/3) meninjau kegiatan tim gabungan TNI, Polri, BPBD, Dinas Kehutanan bersama stakeholder lainnya yang sedang membuat sekat kanal di wilayah Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi.

Hal tersebut dikatakan Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf melalui rilis tertulisnya di Makorem, Jum’at pagi (19/3/2021).

Hatta menjelaskan bahwa pembuatan sekat kanal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dimana wilayah ini memiliki sejarah terbakar pada tahun 2015 dan 2019 yang cukup luas dan menimbulkan kabut asap hampir satu bulan lamanya,

Baca Juga :  Korem 042/Gapu Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Pembangunan sekat kanal ini menggunakan ala berat dibantu oleh tim gabungan TNI, Polri, BPBD, Dinas Kehutanan bersama stakeholder lainnya.

Dengan pembuatan kanal sekat ini, maka lahan gambut yang digali penuh air berwarna hitam. Air kanal inilah, nantinya akan diatur dengan membuat sekat (pembatas) untuk level aliran air. Bagian hilir kanal mengalir ke sungai.

“Fungsi sekat ini untuk mengatur level air. Dimana saat musim hujan air tidak meluap ke pemukiman penduduk, sedangkan saat musim kemarau nantinya tidak terjadi kekeringan,” kata Hatta.

Baca Juga :  Sambil Gowes, Danrem 042/Gapu Bersama Walikota Jambi Bagikan Sembako

Dengan adanya sekat kanal, maka di saat Jambi memasuki musim kemarau, air masih tetap berada di kanal tersebut. Dengan sendirinya, bila terjadi kebakaran lahan, air tersebut bisa dimanfaatkan untuk membatasi kekeringan lahan. Jika terjadi kebakaran, air bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemadaman dengan heli atau dengan ground fire machine.

Mengingatkan musim kemarau yang diperkirakan sudah mulai di bulan Maret ini, diharapkan masyarakat untuk tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar. “Jangan ada lagi yang membakar, warga jangan lagi sembarangan membuka lahan dengan cara dibakar,” kata Hatta. (**/red)

Share :

Baca Juga

Berita Militer

Danrem 042/Gapu Hadiri Upacara Peringatan HUT ke 64 Provinsi Jambi

Berita Militer

Sinergi dengan KPU, Korem 042 Gapu Siap Sukseskan Pilkada Jambi 2020

Berita Militer

Korem 042/Gapu Gelar Pembinaan Peningkatan Kemampuan Keluarga Besar TNI

Berita Militer

Danrem 042/Gapu Menjadi Salah Satu Narasumber FGD Pansus Konflik Lahan di DPRD Prov Jambi

Berita Militer

Ditengah Pandemi Covid-19, Pembukaan TMMD 108 Kodim 0419/Tanjab Tetap Berlangsung Secara Sederhana

Berita Militer

Antisipasi Dini Infeksi Covid-10, Danrem 042/Gapu Lakukan Rapid Test Terhadap Personil

Berita Militer

Danrem 042/Gapu Terima Kunjungan Waasops Kasad Bidang Siapsat

Berita Militer

Akhiri Tugas, Dansatgas Pamtas Yonif R 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin Pamitan dengan Bupati Belu