Cuaca Ekstrem, Satpolair Tanjabbar Himbau Tranportasi Air dan Nelayan Waspada Kondisi Bangunan Madrasah Ibtidaiyah Swasta di Tanjabbar Memprihatinkan Cek Harga Minyak Goreng, Disperindag Tanjabbar Sidak Sejumlah Minimarket Pengurus PWI Tanjabbar di Lantik, Wabup: Jaga dan Patuhilah Kode Etik Jurnalistik H. Abdullah Lepas Atlet Ikuti Kejurprov di Merangin

Home / Tanjabbar / Karhutla

Senin, 15 Maret 2021 - 21:45 WIB

Antisipasi Karhutla, TNI Polri Bersinergi Bersama Warga Buat Embung Air

TANJAB BARAT – Antisipasi dalam penyediaan air menghadapi musim kemarau dan bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) diwilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Warga Desa Bunga Tanjung, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjabbar bersinergi bersama TNI Polri dengan membuat embung air.

Hal tersebut disampaikan oleh bSatgas Karhutla Kabupaten Tanjabbar dalam hal ini Kapolres Tanjabbar, AKBP Guntur Saputro bersama dengan Dandim 0419/ Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto dan personil.

Ia menyebutkan bahwa, TNI Polri melakukan aktivitas pembuatan embung air skala kecil, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi suplai air di sekitar lahan

“bKarena desa ini juga masuk dalam kriteria yang rawan karena gambut, dan di sini juga sempat terjadi kebakaran, untuk itu kita bersama dengan masyarakat buat embung dengan skala kecil,” Kata Kapolres. Senin (15/3/21).

Baca Juga :  Koordinasi Pelaksanaan SSDN Lemhanas RI Temui Bupati Safrial

Pelaksanaan ini sendiri, kata Guntur di dukung oleh masyarakat sekitar lahan yang juga peduli terhadap pencegahan karhutla di wilayahnya. Adapun embung yang di bangun dengan panjang 10 meter, lebar 5 meter dan kedalaman 3 meter.

“ Kita berharap ini hanya kita persiapkan, mudah-mudah di sini tidak terjadi kebakaran. Ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat menjadi tanggung jawab bersama ini perlu dibangun dan di kawal,” Ungkapnya.

Disisi lain, Dandim 0419/ Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, menyebutkan bahwa TNI Polri hadir untuk masyarakat dalam upaya pencegahan Karhutla. Harapan disampaikan oleh Dandim bahwa upaya ini dapat menjadi contoh untuk desa lain, bergerak dengan mandiri untuk bersama membangun embung di sekitar lokasi rawan Karthutla

Baca Juga :  Belum Seluruhnya Sekolah di Tanjab Barat Siap Belajar Tatap Muka

“ Kita berharap ini menjadi contoh bagi masyarakat lain. Membuat embung sederhana dengan bersama gotong royong untuk persiapan kita saat musim kemarau panjang sebagai suplai air,” Ujarnya.

“ Kita juga secara masif akan arahkan pihak desa untuk bergotong royon bersama membuat embung sederhana ini. Kita juga himbau masyarakat untuk tidak membakar lahan,” Tambahnya.(*/hb)

Share :

Baca Juga

Tanjabbar

Tenggelam di Perairan Pulau Berhala, Nelayan Tanjabbar Berhasil di Temukan

Tanjabbar

Dewan Tanjabbar di Suntik Vaksin, Tubagus Orang Pertama

Tanjabbar

Limbah PT. Pelita Sari, Cemari Lingkungan Warga Tungkal

Tanjabbar

Walk Out di Pembahasan APBD, Sikap Safrial Buat Dewan Bingung

Covid-19

TNI Bersama PT LPPPI Gelar Serbuan Vaksin, Tubagus : Antusias Masyarakat Sangat Tinggi

Covid-19

Pasca Ditemukan Pegawai Positif Covid-19, RSUD KH Daud Arif Disemprot Disinfektan

Tanjabbar

Abdullah Jadi Ketua DPRD Tanjabbar, Ketua DPC BMI Tanjabbar Beri Ucapkan Selamat

Tanjabbar

Mantan Kastel Kejari Kutai Timur, Jabatan Kasi Pidum Kejari Tanjabbar