UAS Optimis di Usung PKS di Pilkada Tanjabbar Maju di Pilkada Tanjabbar, UAS Kantongi Rekomendasi dari DPP PAN 177 Siswa Siswi Kelas IX SMPN 2 Kuala Tungkal di Lepas, Ini Pesan Kepsek Fauzan DPRD dan Pemkab Tanjabbar Tandataganin Nota Raperda RTRW dan RPJPD Tahun 2025- 2045 Paripurna ke Empat, DPRD Tanjabbar Sampaikan Laporan Hasil Kerja Pansus dan LKPJ Bupati

Home / Industri / Tanjabbar

Senin, 21 Februari 2022 - 15:02 WIB

Bupati Anwar Sadat, Buka dan Resmikan Workshop Ecoprint dan Pewarna Batik Alami

TANJABBAR – Didampingi Ketua Dekranasda Tanjung Jabung Barat, Hj Fadhilah Sadat, Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat M. Ag membuka secara resmi Workshop Ecoprint dan Pewarna Batik Alami sekaligus peresmian Showroom Dekranasda Kabupaten Tanjabbar. Senin (21/2/22).

Kegiatan yang dilaksanakan di Halaman Showroom Dekranasda ini juga turut dihadiri oleh Pimpinan Petrochina, Asisten II,Kadis Koperindag, Narasumber, para peserta Workshop serta tamu dan undangan lainya.

Anwar Sadat dalam sambutannya mengatakan, pemkab Tanjabbar Secara Resmi telah membuka Workshop Ecoprint dan Pewarna Batik Alami.

” Ecoprint berasal dari kata Eco atau ekosistem yang berada di lingkungan hayati atau alam dan print artinya cetak.” Ucapnya.

Ia menyebut, sistem dengan menjiplak dedaunan dan kemudian merebusnya mirip seperti proses pembuatan batik maka sering juga disebut batik ecoprint.

Baca Juga :  Sambangi P2L Kelompok Tani Betara, Ketua TP PKK Tanjabbar Beri Apresiasi

“ Perbedaan batik cap atau tulis dengan ecoprint adalah ecoprint tidak menggunakan alat seperti canting dan bahan malam. Namun menggunakan bahan terdapat alam sekitar seperti aneka dedaunan yang menghasilkan warna alami dan Kabupaten Tanjabbar bisa memanfaatkan dedaunan seperti daun Putat daun jambu biji kulit Pinang dan lain sebagainya sebagai pewarna alami” Katanya

Bupati mengatakan, ia sangat menyambut baik dengan diadakan workshop ecoprint dan pewarna batik di Tanjung Jabung Barat, menurut nya ini merupakan salah satu terobosan baru dan perdana ikm batik dan dapat belajar serta mengikuti workshop.

” Ecoprint melalui instruktur handal yang didatangkan dari Yogyakarta, semakin sering diadakan workshop maka kualitas batik yang dihasilkan oleh para pengrajin tentunya akan semakin baik dan berkualitas, Ecoprint ini lebih kontemporer dibandingkan batik yang digambar ataupun dicetak dengan motif batik yang klasik,” Ungkapnya.

Baca Juga :  Bupati Tanjabbar Hadiri Undangan Wapres Terkait Pencanangan RB Tematik dan Peresmian 26 MPP

Sebelum mengakhiri sambutannya Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Dekranasda Tanjung Jabung Barat, dan berharap kedepannya Dekranasda dapat bekerja dengan baik dan menjalankan program-program yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan produk kerajinan kerajinan batik atau kerajinan lainnya yang berdampak bagi peningkatan kesejahteraan para pengrajinnya.

“ Semoga batik Tanjabbar menjadi salah satu produk unggulan dan berharap ecoprint batik dapat berkembang pesat di seluruh kawasan Tanjung Jabung Barat, bahkan nasional dengan ciri khas motif tertentu” Pungkasnya.(*)

Share :

Baca Juga

Tanjabbar

Harga Cabai di Kuala Tungkal Rata-Rata Naik 10 Ribu

Tanjabbar

Ketua Komisi III DPRD Tanjabbar Sampaikan Hal Ini di Musrenbang Tingkat Kecamatan Batang Asam

Tanjabbar

Dua Pejabat Pemkab Tanjabbar di Beri Sangsi

Tanjabbar

Bupati Usulkan, PNS Wajib Membeli Beras Petani

Tanjabbar

Dinkes Sebut, Kasus DBD di Tanjabbar Menurun

Politik

DPC Demokrat Tanjabbar Berbagai Takjil ke Masyarakat

Tanjabbar

Wabup Amir Sakib Ikuti Apel Siaga Pencegahan dan Pengendalian Karhutla 

Tanjabbar

Tinjau Peternakan Sapi di Desa Adi Jaya, Ini Harapan Bupati

https://iplwin-login.in/

judi slot triofus