9 Pejabat Pratama Pemkab Tanjabbar Bakal Dievaluasi. WNA diminta Berhati-hati Situs e-VOA Palsu, Plt.Dirjen Imigrasi :Situs Resmi e-VOA Hanya di Molina.Imigrasi.go.id Bupati Tanjabbar Laksanakan Safari Subuh di Masjid Miftahul Jannah Kelurahan Tungkal II Wabup Tanjabbar Minta P3KE Harus lebih dioptimalkan Wabup Hairan Hadiri Kegiatan DIPA dan TKD Tahun 2023

Home / Berita Militer

Jumat, 25 September 2020 - 20:42 WIB

Danrem Gapu Hadiri Penandatangan Pakta Integritas dan Gakkum Penerapan Prokes Pada Pilkada Serentak Tahun 2020 di Provinsi Jambi

JAMBI – Komandan Korem 042/Gapu, Brigjen TNI M. Zulkifli, S.I.P,.M.M, menghadiri kegiatan penandatanganan pakta integritas dengan masing – masing pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi tahun 2020 yang digelar oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jambi, berlangsung di Swiss Bell Hotel Kota Jambi, Jumat siang (25/9/2020).

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Asnawi R, M.Pd mengatakan acara penandatangan pakta integritas adalah bentuk upaya pencegahan dan penegakkan hukum penerarapan protokol Kesehatan dalam penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020, khususnya di Provinsi Jambi.

“Inilah upaya yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Jambi, untuk mencegah penyebaran dan pengendalian Covid-19 serta penegakkan hukum protokol Kesehatan, dalam pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020, sebagaimana sudah diamanahkan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI,” ujarnya di hadapan para pasangan calon.

Dijelaskannya, salah satu point dalam RDP tersebut, agar penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Pilkada 2020, dengan mengamanahkan Bawaslu untuk menjalankan fungsi pencegahan, pengawasan dan penindakan Pemilihan dan protokol kesehatan.

“Jadi Bawaslu tidak hanya mengawasi tahapan pemilihan, tetapi juga diamanahkan untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan dalam pemilihan kepala daerah 9 Desember mendatang. Dan untuk menjalankan tugas tersebut, Bawaslu akan membentuk kelompok kerja Bersama pihak terkait dan berwenang dalam penanganan Covid-19,” jelasnya.

Baca Juga :  Polisi Buruh Pelaku Pembuangan Mayat Bayi di Pelabuhan TPI

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi juga mengajak dan menghimbau kepada seluruh pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur serta seluruh tim kampanye, untuk menerapkan setiap protokol kesehatan dalam sisa tahapan Pilkada.

“Ini tugas semua pihak untuk menerapkan protokol kesehatan, agar tidak menimbulkan klaster Pilkada,” imbaunya.

Dijelaskannya, Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi dua periode ini, kegiatan ini sudah diawali dengan kegiatan sosialisasi yang dihadiri oleh Ormas, OKP, partai politik, Tim Penghubung, dan undangan lainnya, dengan menghadirkan nara sumber Ketua Tim Pakar Satgas Covid-19 Provinsi Jambi.

“Dari penjelasan tim pakar penanganan percepatan Covid-19 Provinsi Jambi, bahwa potensi penyebaran dan penularan virus corona, dan ketaatan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan masih kecil sekitar 65 persen.

Ini menunjukkan bahwa masih rendahnya masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan. Untuk itu, menjadi tugas bersama, untuk menjadi bagian terdepan dalam pencegahanpenyebaran dan penularan Covid-19 di Provinsi Jambi,” tutur Asnawi.

Baca Juga :  Pejabat Intel Jajaran Korem 042/Gapu Ikuti Rapat Evaluasi Bidang Intelpam Semester I Tahun 2021

Terpisah, Danrem 042 Gapu, Brigjen TNI Zulkifli usai acara tersebut juga menghimbau terkait dengan disiplin penerapan protokol kesehatan oleh penyelenggara dan peserta Pilkada, patuhi aturan yang ditetapkan KPU dan Bawaslu dalam Pilkada, penyelenggaraan Pilkada sesuaikan dengan aturan yang berlaku, serta adakan pengawasan yang ketat terkait pada tahapan Pilkada.

Kami siap mendukung pengamanan Pilkada, kita telah koordinasikan dengan Komandan Kodim terkait dengan protokol kesehatan dalam Pilkada, beberapa potensi atau resiko dalam pelaksanaan pilkada dan solusi perlu dibicarakan agar ada kesamaan dalam langkah dan tindakan dilapangan dengan mengikuti dinamika yang ada, kata Danrem.

Pada kesempatan ini pula dilaksanakannya penandatangan pakta Integritas para calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kapolda Jambi, Kajati Jambi, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi, Kabinda Jambi, Kepala BPBD Provinsi Jambi yang juga Ketua Harian Satgas Covid-19, Ketua dan Anggota KPU Provinsi Jambi, Ormas, OKP, Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Tim Koalisi Parpol Pengusung, Tim Kampanye/Pemenangan, Tim Advokasi, dan Tim Penghubung Pasangan Calo Gubernur dan Wakil Gubernur, serta para undangan lainnya. (Penremgapu)

Share :

Baca Juga

Berita Militer

77 Putra Terbaik Jambi Lulus Mengikuti Pendidikan Tamtama PK TNI AD Gel II 2020

Berita Militer

Korem 042/Gapu Kirimkan Ribuan Botol Madu untuk Secapa AD

Berita Militer

Dandim Tanjab Pantau Vaksinasi Massal di Aula Makodim

Berita Militer

28 Orang Lagi Perwira Eks Secapa AD Donorkan Plasma Darah

Berita Militer

Peringatan HUT TNI, Korem Gapu Gelar Donor Darah

Berita Militer

Kasad Tutup Pendidikan Taruna dan Taruni Akmil Tingkat IV

Berita Militer

Dansatgas Yonif R 142 Tanda Tangani Memorandum Serah Terima Pamtas RI-RDTL Dengan Danyonif RK 744

Berita Militer

Dandim 0419/Tanjab dan Kapolres Sajikan Nasi Goreng Untuk Lansia yang Ikut Vaksinasi