WNA diminta Berhati-hati Situs e-VOA Palsu, Plt.Dirjen Imigrasi :Situs Resmi e-VOA Hanya di Molina.Imigrasi.go.id Bupati Tanjabbar Laksanakan Safari Subuh di Masjid Miftahul Jannah Kelurahan Tungkal II Wabup Tanjabbar Minta P3KE Harus lebih dioptimalkan Wabup Hairan Hadiri Kegiatan DIPA dan TKD Tahun 2023 Bupati Tanjabbar Hadiri Undangan Wapres Terkait Pencanangan RB Tematik dan Peresmian 26 MPP

Home / Tanjabbar

Rabu, 1 Juli 2020 - 21:17 WIB

Polisi Amankan 4 Pelaku Pengedar Uang Palsu di Kuala Tungkal

TANJAB BARAT – Kepolisian Polsek Tungkal Ilir, Polres Tanjab Barat berhasil membekuk empat orang diduga melakukan tindak pidana mengedarkan uang palsu, Rabu (01/07/20).

Keempat pelaku yang diamankan berinisial MR dan AT (35) warga Desa Pantai Gading Kecamaatan Bram Itam. Kemudian CN (32) dan SZ (40) warga Kuala Tungkal. Polisi berhasil mengamankan uang palsu pecahan RP 100.000 senilai lebih kurang Rp 245.300.000.

Kapolres Tanjab Babrat AKBP Guntur Saputro, S.IK, MH mengatakan keempat pelau ditangkap di lokasi berbeda pada Selasa dan Rabu (01/07/20) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB.

“Pengungkapan kasus ini berawal dari penyelidikan Postingan di Pencerahan Tanjab Barat oleh Akun Facebook Rizal Adista Senin tanggal 22 Juni 2020 mengenai adanya peredaran uang palsu di Kota Kuala Tungkal,” terang AKBP Guntur Saputro didampingi Kasat Reskrim AKP Jan Manto Hasiholan, SIK, MH dan Kapolsek Tugkal Ilir IPTU Agus A Purba, SH, MH saat pres rilis.

Baca Juga :  Tak Bayar Pajak, Kendaraan Dinas di Tanjabbar Jadi Temuan BPK

Dari postinngani tersebut Polsek Tungkal Ilir lakukan penyelidikan diperoleh informasi bahwa orang yang dicurigai sebagai pelaku yang pengedar uang palsu saat ini sedang berada di rumahnya yang berada di Desa Pantai Gading.

“Kemudian terungkapnya karena uang palsu tersebut oleh pelaku digunakan untuk jasa pijat, yang mmerasa ada kejanggalan dengan uang tersebut,” beber Kapolres.

“Kita lidik bahwa infomasi tersebut, sesuai dengan ciri-ciri benar pelaku AT melakukan Tindak Pidana pengedaran Uang palsu di Kuala Tungkal bersama rekannya, AT kita amankan di Desa Pantai Gading,” beber Kapolres.

Polisi pun melakukan pengembangan, kepada polisi pelaku AT mengaku Uang Palsu tersebut diperolehnya dari MR yang tinggal tidak jauh dari rumah AT. AT juga mengaku telah beberapa kali melakukan transaksi (belanja) menggunakan uang palsu tersebut di Kuala Tungkal termasuk untuk jasa Pijat.

“Dari tangan MR alias Marus kita dapati barang bukti Upal lebih kurang Rp 245.300.000,” ungkap Guntur.

Baca Juga :  Kecewa, KNPI Tanjabbar Tolak Dana Hiba Disparpora

Selanjutnya MR kepada polisi mengaku Upal diperolehnya dari CN sebanyak dua kali pengantaran. Kemudian CN kita introgasi mengaku Upal tersebut didapatnya dari pelaku MH dimana dirinya pada saat mengambil uang palsu tersebut bersama SZ.

“Kini, keempat pelaku sudah diamankan di Polsek Tungkal Ilir untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” katanya.

Terkait hal ini Kapolres menghimbau kepada masyarakat agar lebih teliti dan waspada dengan peredaran uang palsu saat ini. Bila menemukan uang palsu segera laporkan kepada pihak kepolisian.

“Karena akhir akhir ini banyak beredar uang palsu di berbagai kota termasuk di Jambi dan Tanjung Jabung Barat, untuk itu kita meminta masyarakat lebih tajam dan hati-hati dan lebih peka kalau mendapatkan konsumen yang melakukan atau melaksanakan transaksi, dilihat baik baik seperti dilihat di raba dan di terawangan untuk memastikan bahwa rupiah itu benar ataupun asli,” pungkasnya.(DN)

Share :

Baca Juga

Tanjabbar

Kapolres ; Pesan Berantai OTT Tim Paslon Pilkada Hoax

Tanjabbar

Bupati Anwar Sadat Resmikan Rumah Perlindungan Lansia YMFC

Pemerintahan

Bupati Minta, OPD Memiliki Kemampuan Analisis dan Argumen

Tanjabbar

Pemkab Tanjabbar Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual Realty

Sepakbola

Open Turnamen Sepakbola Resmi di Buka Hamdani : Junjung Tinggi Suportifitas

Peristiwa

Pergi Dari Rumah, Pria di Tanjabbar di Temukan Tewas Dalam Parit

Tanjabbar

1.617 Vaksin Sinovac Akan Tiba ke Tanjabbar

Politik

Kadernya Jadi Tersangka, Ini Kata Ketua DPD II Golkar Tanjabbar