LIVE TV
Tanjabbar Zona Merah, Jam Malam Kembali di Terapkan Sejumlah Desa di Tanjabbar Jadi Lokus Stunting Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Pesisir, Bupati Resmikan Ambulance Air DPRD Tanjabbar Akan Gelar PAW Partai PBB, Ini Jadwalnya Bupati Akan Menganggarkan Infrastruktur Menuju Hutan Mangrove

Home / Berita Militer

Selasa, 1 Juni 2021 - 12:02 WIB

Dandim 0419/Tanjab Bersama Forkopimda Tanjab Barat Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

JAMBINET MILITER – Tanjab Barat. Komandan Kodim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tanjab Barat mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2021 secara virtual kombinasi, bertempat
di Balai Pertemuan Kantor Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jl. Jenderal Sudirman Kel Patunas Kec Tungkal Ilir, Tanjab Barat.

Upacara berlangsung khidmat dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Selasa (1/6/2021) langsung dari Istana Kepresidenan, Bogor.

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan secara virtual, mengingat situasi pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Upacara dimulai pukul 08.00 WIB, segenap pemangku kepentingan mulai Institusi TNI, Polri dan Pemerintah Daerah hingga Lembaga Pendidikan ikut serta dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 ini, meski dilakukan secara virtual.

Baca Juga :  Dandim 0419/Tanjab dan Kapolres Sajikan Nasi Goreng Untuk Lansia yang Ikut Vaksinasi

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 mengambil tema, “Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh”.

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa, peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Utamanya dalam penerapan di kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia berdiri, tantangan yang dihadapi Pancasila tidak ringan,” tutur Presiden Jokowi.

Baca Juga :  Korem 042 Gapu Terima DIPA Tahun 2021

Selanjutnya, Pancasila menghadapi perkembangan global yang tidak serta-merta selalu sama dalam pandangan maupun kebersamaan.

Perkembangan global pun tak jarang menimbulkan kompetisi dan rivalitas antar pandangan, antar nilai dan antar ideologi.

“Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini masyarakat dengan berbagai cara dan strategi,” tuturnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, yang mana telah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadikannya sebagai Hari Libur Nasional. (Pendim0419).

Share :

Baca Juga

Berita Militer

Babinsa dan Tim Satgas Covid 19 Pematanglumut Sosialisasikan PPKM Mikro

Berita Militer

Danrem 042 Garuda Putih, Terima Audiensi Senkom Provinsi Jambi

Berita Militer

Danrem 042/Gapu Tutup TMMD ke 110 Kodim 0415/Batanghari

Berita Militer

Korem 042/Gapu Gelar Latihan Menembak Senjata Ringan TW IV 2020

Berita Militer

Kasrem 042 Gapu Ingatkan Anggota Disiplin Patuhi Protokol Kesehatan

Berita Militer

Pangdam II/Sriwijaya Resmikan Kawasan Terpadu Kampung Madani Suku Anak Dalam

Berita Militer

Korem 042/Gapu Dukung Dunia Pendidikan Melalui “BEDIL” di Masa Pandemi

Berita Militer

Danrem ; Program BEDIL Jadi Penyemangat Belajar Secara Virtual ditengah Pandemi