WNA diminta Berhati-hati Situs e-VOA Palsu, Plt.Dirjen Imigrasi :Situs Resmi e-VOA Hanya di Molina.Imigrasi.go.id Bupati Tanjabbar Laksanakan Safari Subuh di Masjid Miftahul Jannah Kelurahan Tungkal II Wabup Tanjabbar Minta P3KE Harus lebih dioptimalkan Wabup Hairan Hadiri Kegiatan DIPA dan TKD Tahun 2023 Bupati Tanjabbar Hadiri Undangan Wapres Terkait Pencanangan RB Tematik dan Peresmian 26 MPP

Home / Berita Militer

Selasa, 1 Juni 2021 - 12:02 WIB

Dandim 0419/Tanjab Bersama Forkopimda Tanjab Barat Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

JAMBINET MILITER – Tanjab Barat. Komandan Kodim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tanjab Barat mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2021 secara virtual kombinasi, bertempat
di Balai Pertemuan Kantor Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jl. Jenderal Sudirman Kel Patunas Kec Tungkal Ilir, Tanjab Barat.

Upacara berlangsung khidmat dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Selasa (1/6/2021) langsung dari Istana Kepresidenan, Bogor.

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan secara virtual, mengingat situasi pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Upacara dimulai pukul 08.00 WIB, segenap pemangku kepentingan mulai Institusi TNI, Polri dan Pemerintah Daerah hingga Lembaga Pendidikan ikut serta dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 ini, meski dilakukan secara virtual.

Baca Juga :  Danrem 042/Gapu Pimpin Sidang Parade Calon Bintara TNI AD TA 2021

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 mengambil tema, “Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh”.

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa, peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Utamanya dalam penerapan di kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia berdiri, tantangan yang dihadapi Pancasila tidak ringan,” tutur Presiden Jokowi.

Baca Juga :  Danrem 042/Gapu Dampingi Wagub Jambi Tinjau Kesiapan MTQ Tingkat Provinsi di Tanjab Barat

Selanjutnya, Pancasila menghadapi perkembangan global yang tidak serta-merta selalu sama dalam pandangan maupun kebersamaan.

Perkembangan global pun tak jarang menimbulkan kompetisi dan rivalitas antar pandangan, antar nilai dan antar ideologi.

“Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini masyarakat dengan berbagai cara dan strategi,” tuturnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, yang mana telah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadikannya sebagai Hari Libur Nasional. (Pendim0419).

Share :

Baca Juga

Berita Militer

Bentuk Kecintaan Terhadap Benda Bersejarah, Korem 042/Gapu Hibahkan Meriam ke Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Berita Militer

Ikuti Upacara Peringatan HUT RI ke 76, Danrem 042/Gapu : Jadikan Momentum Kemerdekaan Bersatu Melawan Pandemi Covid-19

Berita Militer

Kodim 0419/Tanjab Prioritaskan TMMD Tahun 2022 di Wilayah Tanjab Barat

Berita Militer

HUT ke 62, Korem 042/Gapu Launching Lambang Korem yang Baru

Berita Militer

Tanjab Barat Zona Merah, Kodim Tanjab Dukung Pemberlakuan Pembatasan Jam Malam

Berita Militer

Dandim 0419/Tanjab Ingatkan Orang Tua Calon Prajurit, Tidak Ada Pungutan Seleksi

Berita Militer

Danrem 042/Gapu Hadiri Pertemuan Dengan Mendagri Tito Karnavian Bahas Penanganan Covid -19

Berita Militer

Jelang HUT Provinsi Jambi, Danrem 042/Gapu Pimpin Upacara Peringatan Pertempuran Simpang Tiga Sipin Jambi