Kasad Akan Merekrut Calon Prajurit dari Santri. Kota Kuala Tungkal di Landa Banjir Rob, Sejumlah Kendaraan ‘Mogok’ Cuaca Ekstrem, Speedboat Tujuan Kuala Tungkal Pulau Kijang Alami Kecelakaan Danrem 042/Gapu Terima Kunjungan Waasops Kasad Bidang Siapsat Melalui Pendayagunaan Koramil Model, Korem 042/Gapu Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Apkowil

Home / Intro

Rabu, 16 Desember 2020 - 10:30 WIB

Korem 042/Gapu Gelar Do’a Bersama Sambut Hari Juang Kartika TNI AD

Sambut Hari Juang Kartika TNI AD, Korem 042/Gapu Gelar Do'a Bersama. [FOTO : JambiNET/REM042]

Sambut Hari Juang Kartika TNI AD, Korem 042/Gapu Gelar Do'a Bersama. [FOTO : JambiNET/REM042]

JAMBI – Memperingati Hari Juang Kartika (HJK) TNI AD ke 75 tahun 2020 Korem 042/Gapu beserta seluruh jajaran melaksanakan do’a dan kebaktian bersama.

Doa bersama secara serentak dilaksanakan di Satuan masing-masing, untuk Makorem do’a bersama dilaksanakan di Masjid At Taqwa Korem dan kebaktian dilaksanakan di Gereja Katolik Santa Theresia Jambi, Selasa (15/12/20).

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli dalam sambutannya mengatakan Palagan Ambarawa adalah sebuah peristiwa perlawanan rakyat terhadap Sekutu yang terjadi di Ambarawa. Peristiwa tersebut dikenal juga sebagai Pertempuran Ambarawa yang berlangsung sejak 12 hingga 15 Desember 1945.

Pertempuran Ambarawa dilatarbelakangi oleh NICA yang membonceng tentara Sekutu untuk kembali memasuki wilayah Indonesia. Para pasukan dengan berani mengibarkan benderanya di Kota Ambarawa pada tanggal 11 Desember 1945.

Baca Juga :  Anggota DPRD Tanjabbar H. Syaifuddin Marzuki Meninggal Dunia

TKR (Tentara Keamanan Rakyat) sebagai alat pertahanan negara saat itu tidak tinggal diam dan bertempur melawan Belanda, di hampir seluruh wilayah Indonesia. Salah satu pertempuran besar saat itu terjadi di Ambarawa yang berlangsung terus-menerus selama empat hari dan berakhir di tanggal 15 Desember 1945.

Demi menghormati anggota TKR yang gugur dalam Palagan Ambarawa, maka setiap tanggal 15 Desember diperingati sebagai “Hari Juang Kartika” yang saat ini merupakan hari jadi TNI-AD.

Danrem juga mengatakan dalam rangka Hari Juang TNI AD tahun 2020 ini Korem melaksanakan beberapa kegiatan, antara lain Donor darah, anjangsana ke para veteran, bakti sosial pembagian bingkisan sembako, lomba lukis dan baca puisi secara virtual.

Baca Juga :  Bupati Anwar Sadat, Tinjau Pos Penyekatan Larangan Mudik Perbatasan Riau

“Dan puncaknya kita melaksanakan do’a bersama, dengan harapan kita bersama semua elemen bangsa dapat menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI, sesuai tema HJK thn 2020 “Bersama Kita Bisa,” ungkap Danrem.

Kegiatan do’a bersama diisi tauziah oleh Ustad Ubaidilah dan dihadiri Kasrem Kolonel Kav Rayen Obersyl, Para Kasi/Pasi, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS serta Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042 PD II/Swj Ny. Dewi Zulkifli beserta pengurus. (*/JN/REM)

Share :

Baca Juga

Intro

Kenakan Batik Khas Daerah, Bupati Anwar Sadat dan Isteri Hadiri Launching Jelajah Jambi

Intro

Ratusan PNS Tanjabbar Masuk Masa Pensiun

Intro

Warga Patunas Banyak Belum Terima Surat Undangan Pencoblosan

Intro

UMK Tanjabbar, Pemkab Menunggu Provinsi

Intro

Anwar Sadat di Tunjuk Jadi Ketua DPD PAN Tanjabbar.

Intro

Ketua TP PKK Tanjabbar Ikuti Webinar dengan TP PKK Pusat

Intro

Danrem 042/Gapu Hadiri Pembukaan Latgab Penanganan Karhutla Provinsi Jambi

Intro

UAS – Hairan Resmi di Lantik Jadi Bupati dan Wakil Bupati Tanjabbar