Kasad Akan Merekrut Calon Prajurit dari Santri. Kota Kuala Tungkal di Landa Banjir Rob, Sejumlah Kendaraan ‘Mogok’ Cuaca Ekstrem, Speedboat Tujuan Kuala Tungkal Pulau Kijang Alami Kecelakaan Danrem 042/Gapu Terima Kunjungan Waasops Kasad Bidang Siapsat Melalui Pendayagunaan Koramil Model, Korem 042/Gapu Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Apkowil

Home / Tanjabbar / Industri

Selasa, 5 Oktober 2021 - 17:43 WIB

Bupati Harapkan, Sentral Industri Kelapa Dalam Tanjabbar Bisa Bersaing

TANJABBAR – Bupati Tanjung Jabung Barat, berharap Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dapat menjadi salah satu sentra Industri Pengelolaan Kelapa terpadu terbaik di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Drs H Anwar Sadat,M.Ag saat meresmikan Sentra Industri Pengolahan Kelapa Terpadu sekaligus membuka Kegiatan Pelatihan Hilirisasi Kelapa Tahun 2021 di Desa Karya Maju Kecamatan Pengabuan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Selasa (5/10/21).

Ia menyebutkan bahwa, kelapa dalam selain merupakan kearifan lokal, juga merupakan produk andalan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“ Petani di Tanjung Jabung Barat, sebagian merupakan petani kelapa dalam. Kita harapkan Tanjabbar bisa menjadi sentral industri pengolaan kelapa kedepannya.

Kepada para camat dan kades, bupati meminta petani kelapa dalam agar betul-betul dijaga supaya lahan nya tidak beralih fungsi.

” Jika mereka beralih fungsi maka tidak ada lagi petani kelapa dalam di Tanjabbar, khususnya di Desa Karya Maju ini.” Tegasnya.

Demikian, kata bupati pengelolahan kelapa terpadu ini sebagai bentuk penggiat semangat para petani kelapa dalam untuk terus berjalan.

Baca Juga :  Danrem 042/Gapu Pimpin Sidang Parade Cata PK TNI AD Gelombang II TA 2021

” Pemerintah Desa diharapkan lebih jeli dalam melihat potensi-potensi yang ada di daerahnya, dan selanjutnya dapat dikoordinasikan dengan Pemkab, sehingga Pemkab dapat segera meresponnya.” Sebutnya.

Bupati menyampaikan, tujuan potensi-potensi yang ada dapat dikelola sebaik mungkin, sehingga dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

“ Harapan saya produk kelapa dalam dan turunannya ini mampu berkompetisi dan bersaing dengan produk yang sama dari daerah lain, sehingga kita dapat memperoleh nilai manfaat yang besar dan dinikmati baik oleh petani kelapa mau pun industri pengelolaanya,” Harapnya.

Disisi lain, sumber daya manusia di Tanjabbar, kata dia dapat terus ditingkatkan, dengan harapan selanjutnya dapat memproduksi produk-produk handal dan memiliki nilai jual yang tinggi.

“ Ikuti pelatihan dengan baik dan serius, manfaatkan setiap kesempatan untuk kita bisa berkembang, berinovasi dan berdaya saing, ” Pesannya.

Menurutnya, dengan sinergitas dan kolaborasi. Kabupaten Tanjung Jabung Barat dapat menjadi salah satu sentra Industri Pengelolaan Kelapa Terpadu terbaik di Indonesia.

Baca Juga :  Bupati Akan Kucurkan Bonus Bagi Qori dan Qori'ah Tanjabbar

Sementara Kepala Desa Karya Maju M. Saidin, dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi atas langkah Pemkab dalam mendorong produksi kelapa beserta turunannya di Tanjabbar, khususnya di daerahnya.

” Kedepannya, kita juga mohon adanya dukungan berkelanjutan dari Pemkab, ada sekitar 30% masyarakat di Desa Karya Maju merupakan Petani Kelapa Dalam.” Bebernya.

Selain itu, kata Kades Pengelolahan kelapa terpadu Ini sebagai bentuk Terobosan pemikiran yang lebih dalam agar petani kelapa ini terus berjalan.

” Ini menjadi contoh agar petani tidak alih fungsi, serta pelatihan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat di Desa Karya Maju, baik dari segi kerajinan maupun lainya sehingga dapat menumbuhkan perekonomian,” Ungkapnya.

Kegiatan ini turut dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah, Anggota DPRD, Asisten Ekonomi dan Pembangunan,Camat,Kepala OPD, Perwakilan WKS, Ketua PKK, Ketua Dharma Wanita, Ketua PKK Kecamatan serta tamu undangan lainya.(*)

Share :

Baca Juga

Tanjabbar

Bahas Persiapan MTQ, Wabup Hairan Koordinasi Dengan Pj Gubernur

Tanjabbar

Kunker ke Tanjabbar, Begini Sambutan Safrial ke Gubernur Jambi

Daerah

Sekda Tanjabbar Ikuti Rakor Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 dan Penanganan COVID-19

Tanjabbar

KBM di Tanjabbar Masih dilakukan Secara Daring

Tanjabbar

DPO 25 Kali Curanmor Polres Indragiri Hulu Ditangkup di Kuala Tungkal

Tanjabbar

Tinjau Peternakan Sapi di Desa Adi Jaya, Ini Harapan Bupati

Tanjabbar

Ini Sosok Penganti Kajari Tanjab Barat Tri Joko 

Tanjabbar

Puluhan Guru Pengajar di Tanjabbar Masuk Masa Pensiun