Kabag Prokopim Tanjabbar Tepis Isu Jual Beli Jabatan Terima TPP Tiap Bulan, Kinerja Kabid PKS Kesbangpol Tanjabbar di Sorot Danrem 042/Gapu Ikuti Vicon Dengan Kasum TNI Bahas Pencapaian Dosis Vaksinasi Dihantam Tugboat Maju Jaya, Dermaga Teluk Kempas Alami Kerusakan Rombak Kabinet, Wabup Hairan Lantik 14 Pejabat Eselon III dan IV

Home / Pemprov Jambi

Kamis, 13 Agustus 2020 - 12:57 WIB

Cegah Karhutla, Danrem 042 Gapu Terjunkan Satgas ke Desa Kumpeh

Personil Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi Bersiaap Berangkat ke Desa Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi di Makorem 042/Gapu. FOTO : JambinetID/Korem

Personil Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi Bersiaap Berangkat ke Desa Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi di Makorem 042/Gapu. FOTO : JambinetID/Korem

JAMBI – Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi kembali menerjunkan 32 Personel ke Desa Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi untuk melaksanakan pencegahan terjadinya kebakaran.

Personel Patroli tersebut dilepas langsung oleh Danrem 042/Garuda Putih Brigjen TNI M Zulkifli selaku Pelaksana Harian Dansatgas Karhutla Provinsi Jambi, di Makorem 042/Gapu, Kamis (13//8/20).

Kata dia, ini melihat situasi di Kabupaten Muaro Jambi belakangan ini kerap kali muncul titik api atau hotspot. Bahkan telah terjadi kebakaran lahan kurang lebih 5 hektare di area Kemingking.

“Tahun kemarin, di Kumpeh sangat parah, kabut tebal juga bisa menutupi di Kota Jambi,” kata Danrem.

Baca Juga :  Anjas Mengaku Uang Hasil Menipu Untuk Judi Online

Lanjutnya, untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran besar seperti tahun lalu, pihaknya mengambil langkah cepat untuk menurunkan Personel Patroli pencegahan karhutla untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Edukasi kita lakukan, jika nanti masih ada kebakaran maka sanksi berupa hukum harus di tegakkan,” tambahnya.

Saat ini, hampir setiap hari titik hotspot di Provinsi Jambi, khususnya Kabupaten Muaro Jambi selalu terpantau. Ini yang harus di antisipasi, jangan sampai titik hotspot menjadi penyebab terjadinya kebakaran.

Selanjutnya, tim dilapangan juga harus bekerja keras, ini merupakan tugas pokok yang mulia, keluarga dan persoalan di rumah harus ditinggalkan dulu demi tugas.

Baca Juga :  KPU Sikapi Gugatan CE-Ratu ke MK

“Nanti segera dilaporkan ke kita, kalau api sulit dipadamkan kita akan padamkan pakai water boombing,” sebutnya.

Kemudian, kerjasama bersama instansi terkait seperti BPBD Provinsi Jambi, Manggala Agni, Dinas Kehutanan dan TNI-Polri serta masyarakat setempat juga harus ditingkatkan untuk mencegah terjadinya kebakaran.

“Bahu membahu dalam penanganan karhutla harus dilakukan, jangan sampai bekerja sendiri-sendiri saat dilapangan,” tandanya.

Tim Patroli yang diterjunkan hari ini gabungan TNI, Polri, BPBD, Polhut dan Manggala Agni dibawa pimpinan Mayor Inf Toni Wijaya.(*/FD)

Share :

Baca Juga

Pemprov Jambi

Gubernur Fachrori Buka Rakerwil DPW IKM Provinsi Jambi

Pemprov Jambi

Pjs Gubernur Jambi Sidak Kondisi Lalu Lintas Hari Pertama Libur Panjang

Pemprov Jambi

Fachrori, Peringatan Hari Ibu Momen Peran Perempuan Wujudkan SDGs

Pemprov Jambi

Pemprov Jambi Kembali Raih Penghargaan Opini WTP dari BPK

Covid-19

Jambi ‘Meledak’ Lagi, Ini Data Lengkap Tambahan 19 Pasien Positif Corona Hari Ini

Daerah

Bupati Safrial Bersama Gubernur Jambi Tanam Mangrove di Kawasan Pelabuhan Roro

Daerah

Percepatan Penanganan Covid-19, Danrem ; Perlu Deteksi Dini dan Cek Kesehatan Masyarakat yang Masuk ke Provinsi Jambi

Pemprov Jambi

Saksikan Debat Calon Gubernur Jambi Malam Ini di TVRI Jambi, JEK TV dan Jambi TV