UAS Optimis di Usung PKS di Pilkada Tanjabbar Maju di Pilkada Tanjabbar, UAS Kantongi Rekomendasi dari DPP PAN 177 Siswa Siswi Kelas IX SMPN 2 Kuala Tungkal di Lepas, Ini Pesan Kepsek Fauzan DPRD dan Pemkab Tanjabbar Tandataganin Nota Raperda RTRW dan RPJPD Tahun 2025- 2045 Paripurna ke Empat, DPRD Tanjabbar Sampaikan Laporan Hasil Kerja Pansus dan LKPJ Bupati

Home / Pemprov Jambi

Kamis, 13 Agustus 2020 - 12:57 WIB

Cegah Karhutla, Danrem 042 Gapu Terjunkan Satgas ke Desa Kumpeh

Personil Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi Bersiaap Berangkat ke Desa Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi di Makorem 042/Gapu. FOTO : JambinetID/Korem

Personil Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi Bersiaap Berangkat ke Desa Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi di Makorem 042/Gapu. FOTO : JambinetID/Korem

JAMBI – Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi kembali menerjunkan 32 Personel ke Desa Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi untuk melaksanakan pencegahan terjadinya kebakaran.

Personel Patroli tersebut dilepas langsung oleh Danrem 042/Garuda Putih Brigjen TNI M Zulkifli selaku Pelaksana Harian Dansatgas Karhutla Provinsi Jambi, di Makorem 042/Gapu, Kamis (13//8/20).

Kata dia, ini melihat situasi di Kabupaten Muaro Jambi belakangan ini kerap kali muncul titik api atau hotspot. Bahkan telah terjadi kebakaran lahan kurang lebih 5 hektare di area Kemingking.

“Tahun kemarin, di Kumpeh sangat parah, kabut tebal juga bisa menutupi di Kota Jambi,” kata Danrem.

Baca Juga :  Penetapan UMK, Bupati Tanjabbar Rapat Bersama Dewan Pengupahan

Lanjutnya, untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran besar seperti tahun lalu, pihaknya mengambil langkah cepat untuk menurunkan Personel Patroli pencegahan karhutla untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Edukasi kita lakukan, jika nanti masih ada kebakaran maka sanksi berupa hukum harus di tegakkan,” tambahnya.

Saat ini, hampir setiap hari titik hotspot di Provinsi Jambi, khususnya Kabupaten Muaro Jambi selalu terpantau. Ini yang harus di antisipasi, jangan sampai titik hotspot menjadi penyebab terjadinya kebakaran.

Selanjutnya, tim dilapangan juga harus bekerja keras, ini merupakan tugas pokok yang mulia, keluarga dan persoalan di rumah harus ditinggalkan dulu demi tugas.

Baca Juga :  Alasan Ini, MTQ Kabupaten Tanjab Barat 2020 Dibatalkan

“Nanti segera dilaporkan ke kita, kalau api sulit dipadamkan kita akan padamkan pakai water boombing,” sebutnya.

Kemudian, kerjasama bersama instansi terkait seperti BPBD Provinsi Jambi, Manggala Agni, Dinas Kehutanan dan TNI-Polri serta masyarakat setempat juga harus ditingkatkan untuk mencegah terjadinya kebakaran.

“Bahu membahu dalam penanganan karhutla harus dilakukan, jangan sampai bekerja sendiri-sendiri saat dilapangan,” tandanya.

Tim Patroli yang diterjunkan hari ini gabungan TNI, Polri, BPBD, Polhut dan Manggala Agni dibawa pimpinan Mayor Inf Toni Wijaya.(*/FD)

Share :

Baca Juga

Pemprov Jambi

Sudirman Resmi Dilantik Sebagai Sekda Provinsi Jambi

Pemprov Jambi

Kapolda Jambi Sampaikan Terima Kasih Pilkada 2020 di Provinsi Jambi Berjalan Aman dan Damai

Pemerintahan

3 Penghargaan di Raih Bupati Tanjabbar dari BPK

Pemerintahan

Wabup Tanjabbar hadiri Rakor Forkopimda Provinsi Jambi

Pemprov Jambi

Pjs Gubernur Jambi Sidak Kondisi Lalu Lintas Hari Pertama Libur Panjang

Pemerintahan

Tanjabbar Raih Opini WTP Keenam dari BPK, Bupati Anwar Sadat: Berkat Hasil Kerja Keras Semua Pihak

Pemerintahan

Tutup Kegiatan FGD, MRI dan RTP, Ini Harapan Bupati Anwar Sadat

Pemprov Jambi

Kantor Imigrasi Kuala Tungkal Ikut Giat Penguatan Pembangunan ZI, WBK dan WBBM Dengan Kepala BPSDM Kemenkumham

https://iplwin-login.in/

judi slot triofus