LIVE TV
Warganya Terkonfirmasi Covid-19, Kantor Desa Jati Emas Lockdown, Polres Tanjabbar Lakukan Tracking Pemkab Tanjabbar Berlakukan Larang Bepergian Ke Luar Daerah Bagi ASN dan Honorer Pantau Kinerja, Bupati Anwar Sadat Bakal Reshuffle Sejumlah Pejabat Dampingi Peserta Vaksin, Tubagus: Kita Sukseskan Pekan Vaksinasi Lansia Sukseskan Pekan Vaksinasi, Bupati Anwar Sadat, Berikan Apresiasi ke Lansia

Home / Berita Militer

Sabtu, 29 Agustus 2020 - 12:15 WIB

Kapenrem Gapu : Pentingnya Media Siber Dalam Penyebarluasan Informasi

JAMBINET – Jambi, Kerja sama dan sinergitas antara Penrem 042/Gapu dengan pihak media perlu dipelihara dan ditingkatkan mulai saat ini dan di masa yang akan datang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Penerangan Korem 042/Gapu, Mayor Inf Hatta pada saat usai menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jambi, di Aula Rumah Makan Pagi Sore, Sabtu (29/8/2020).

Kemajuan media Siber saat ini sungguh luar biasa, sehingga aksesnya dapat dirasakan masyarakat hingga Pedesaan. “Media Siber memiliki kecepatan dalam informasi, terlebih dengan hadirnya puluhan media siber yang tergabung di SMSI, ini merupakan kekuatan besar yang perlu diperhitungkan,” ujar Hatta.

Meski demikian Hatta berharap, media Siber harus mengedepankan etika. Sehingga tidak ditinggalkan pembaca yang setia,” tambahnya.

Hatta berharap, kehadiran media siber mampu memberikan informasi yang akurat, mencerdaskan dan tidak menyebarkan berita bohong.

Mohon kiranya jangan menayangkan berita bila belum dapat kepastian tentang kejadian. Harus Tabayyun (mencari kebenaran). Sehingga tidak membuat masyarakat bingung. Sekali lagi sebagai lembaga pemberitaan kami sangat butuh akan kehadiran media Siber atau yang lebih dikenal dengan media online, ujarnya.

Selama ini Penrem 042/Gapu selalu bersinergi dengan media siber di Provinsi Jambi, Media Siber dipandang mempunyai nilai sangat strategis dalam penyebarluasan informasi pemberitaan menyangkut kegiatan dan profil satuan-satuan di jajaran Korem 042/Gapu, termasuk juga dalam pemberitaan memberikan edukasi tentang Pencegahan penyebaran Covid-19 dan pencegahan Karhutla.

Baca Juga :  Kasad Pimpin Sertijab 7 Jabatan di Jajajaran TNI AD

“Diharapkan Media Siber yang ada Di Provinsi Jambi sebagai mitra Penrem 042/Gapu ke depannya dapat lebih membantu mempublikasikan setiap kegiatan yang dilakukan oleh Korem dan jajaran di wilayah Provinsi Jambi, yang perlu diketahui oleh masyarakat luas”, pungkas Hatta.

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jambi, yang secara resmi dibuka oleh Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar M.Hum yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten I Bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jambi, Drs H Apani Saharudin.

Sebelumnya Mukhtadi Putranusa selaku ketua menuturkan bahwa telah bergabung sebanyak 64 perusahaan media siber hingga saat ini dan tersebar diseluruh kabupaten/kota se-provinsi Jambi.

“Serikat Media Siber Indonesia ini merupakan sebuah organisasi tempat berhimpunnya perusahaan – perusahaan pers online, ibarat sebuah tanaman, SMSI ini belumlah seumur jagung, tapi Alhamdulillah, saat ini statusnya sudah menjadi salah satu konstituen Dewan Pers, bersama 9 organisasi profesi wartawan dan perusahaan pers lainnya di Indonesia,” Ujarnya saat menyampaikan kata sambutan.

“Khusus di Provinsi Jambi, saat ini sudah terdaftar sebanyak 64 perusahaan pers online yang berada di bawah naungan SMSI, semuanya sudah memenuhi persyaratan sebagai sebuah perusahaan media. Hanya saja, dari 64 media itu, belum semuanya terverifikasi Dewan Pers,” Tambahnya.

Baca Juga :  Letkol Inf AM. Subagio Resmi Jabat Dandim 0416 Bute

Rakerda I selain merancang program kerja dan perumusan tatanan strategis bagi anggota yang tergabung juga diisi dengan diskusi bertajuk “Kerja Sama Media Massa dengan Pemerintah Daerah di Tengah Pandemi Covid-19” dengan narasumber Kepala Biro Humas Setda Provinsi Jambi, Johansyah SE ME dan dimoderatori oleh Mohammad Haramen, ME.

Pada seremonial pembukaan Rakerda I, SMSI Provinsi Jambi memberikan cinderamata kepada Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar M.Hum yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten I Bidang kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jambi Drs H Apani Saharudin, Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shantyabudi diwakili oleh Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi dan Kasubbid Penmas AKBP Katino, Danrem 042 Gapu Brigjen TNI M Zulkifli diwakili oleh Kapenrem Mayor Inf Hatta, serta Kepala Biro Humas Setda Provinsi Jambi Johansyah SE ME.

Turut hadir ketua dewan penasehat SMSI Provinsi Jambi H Matlawan, para ketua Organisasi Wartawan, Pemilik-pemilik media siber di bawah naungan SMSI. Lalu dihadiri oleh seluruh pengurus SMSI Provinsi Jambi juga perwakilan pengurus SMSI dari 8 Kabupaten/Kota. (Penremgapu)

Share :

Baca Juga

Berita Militer

Di Tengah Pandemi COVID-19, Semangat Kebersamaan Menjadi Hakikat Kemanunggalan TNI Rakyat

Berita Militer

Tekan Pencegahan Covid-19, Ini Pesan Danrem 042 Gapu ke Jajarannya

Berita Militer

Korem 042/Gapu Terima Penyuluhan Hukum, Danrem : Hindari Pelanggaran dan Taati Hukum

Berita Militer

Korem 042/Gapu Gelar Rapat Evaluasi Program Kerja dan Anggaran 2020

Berita Militer

Babinsa Koramil Muarasabak Pantau Penyaluran Bantuan Korban Kebakaran

Berita Militer

Arungi Sungai, Satgas Menuju Lokasi TMMD Labuhan Pering

Nasional

Akhiri Tugas, Dansatgas Pamtas Yonif R 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin Pamitan dengan Bupati Belu

Berita Militer

Kasad Dampingi Menhan RI Kunjungan Kerja ke Akademi Militer