WNA diminta Berhati-hati Situs e-VOA Palsu, Plt.Dirjen Imigrasi :Situs Resmi e-VOA Hanya di Molina.Imigrasi.go.id Bupati Tanjabbar Laksanakan Safari Subuh di Masjid Miftahul Jannah Kelurahan Tungkal II Wabup Tanjabbar Minta P3KE Harus lebih dioptimalkan Wabup Hairan Hadiri Kegiatan DIPA dan TKD Tahun 2023 Bupati Tanjabbar Hadiri Undangan Wapres Terkait Pencanangan RB Tematik dan Peresmian 26 MPP

Home / Berita Militer

Sabtu, 29 Agustus 2020 - 12:15 WIB

Kapenrem Gapu : Pentingnya Media Siber Dalam Penyebarluasan Informasi

JAMBINET – Jambi, Kerja sama dan sinergitas antara Penrem 042/Gapu dengan pihak media perlu dipelihara dan ditingkatkan mulai saat ini dan di masa yang akan datang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Penerangan Korem 042/Gapu, Mayor Inf Hatta pada saat usai menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jambi, di Aula Rumah Makan Pagi Sore, Sabtu (29/8/2020).

Kemajuan media Siber saat ini sungguh luar biasa, sehingga aksesnya dapat dirasakan masyarakat hingga Pedesaan. “Media Siber memiliki kecepatan dalam informasi, terlebih dengan hadirnya puluhan media siber yang tergabung di SMSI, ini merupakan kekuatan besar yang perlu diperhitungkan,” ujar Hatta.

Meski demikian Hatta berharap, media Siber harus mengedepankan etika. Sehingga tidak ditinggalkan pembaca yang setia,” tambahnya.

Hatta berharap, kehadiran media siber mampu memberikan informasi yang akurat, mencerdaskan dan tidak menyebarkan berita bohong.

Mohon kiranya jangan menayangkan berita bila belum dapat kepastian tentang kejadian. Harus Tabayyun (mencari kebenaran). Sehingga tidak membuat masyarakat bingung. Sekali lagi sebagai lembaga pemberitaan kami sangat butuh akan kehadiran media Siber atau yang lebih dikenal dengan media online, ujarnya.

Selama ini Penrem 042/Gapu selalu bersinergi dengan media siber di Provinsi Jambi, Media Siber dipandang mempunyai nilai sangat strategis dalam penyebarluasan informasi pemberitaan menyangkut kegiatan dan profil satuan-satuan di jajaran Korem 042/Gapu, termasuk juga dalam pemberitaan memberikan edukasi tentang Pencegahan penyebaran Covid-19 dan pencegahan Karhutla.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran Virus Corona, Satgas TMMD Kodim Tanjab Imbau Warga Pakai Masker

“Diharapkan Media Siber yang ada Di Provinsi Jambi sebagai mitra Penrem 042/Gapu ke depannya dapat lebih membantu mempublikasikan setiap kegiatan yang dilakukan oleh Korem dan jajaran di wilayah Provinsi Jambi, yang perlu diketahui oleh masyarakat luas”, pungkas Hatta.

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jambi, yang secara resmi dibuka oleh Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar M.Hum yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten I Bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jambi, Drs H Apani Saharudin.

Sebelumnya Mukhtadi Putranusa selaku ketua menuturkan bahwa telah bergabung sebanyak 64 perusahaan media siber hingga saat ini dan tersebar diseluruh kabupaten/kota se-provinsi Jambi.

“Serikat Media Siber Indonesia ini merupakan sebuah organisasi tempat berhimpunnya perusahaan – perusahaan pers online, ibarat sebuah tanaman, SMSI ini belumlah seumur jagung, tapi Alhamdulillah, saat ini statusnya sudah menjadi salah satu konstituen Dewan Pers, bersama 9 organisasi profesi wartawan dan perusahaan pers lainnya di Indonesia,” Ujarnya saat menyampaikan kata sambutan.

“Khusus di Provinsi Jambi, saat ini sudah terdaftar sebanyak 64 perusahaan pers online yang berada di bawah naungan SMSI, semuanya sudah memenuhi persyaratan sebagai sebuah perusahaan media. Hanya saja, dari 64 media itu, belum semuanya terverifikasi Dewan Pers,” Tambahnya.

Baca Juga :  Danrem 042/Gapu Hadiri Rapat Evaluasi Antisipasi Lonjakan Penularan Kasus Covid-19 Akibat Libur Nataru

Rakerda I selain merancang program kerja dan perumusan tatanan strategis bagi anggota yang tergabung juga diisi dengan diskusi bertajuk “Kerja Sama Media Massa dengan Pemerintah Daerah di Tengah Pandemi Covid-19” dengan narasumber Kepala Biro Humas Setda Provinsi Jambi, Johansyah SE ME dan dimoderatori oleh Mohammad Haramen, ME.

Pada seremonial pembukaan Rakerda I, SMSI Provinsi Jambi memberikan cinderamata kepada Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar M.Hum yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten I Bidang kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jambi Drs H Apani Saharudin, Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shantyabudi diwakili oleh Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi dan Kasubbid Penmas AKBP Katino, Danrem 042 Gapu Brigjen TNI M Zulkifli diwakili oleh Kapenrem Mayor Inf Hatta, serta Kepala Biro Humas Setda Provinsi Jambi Johansyah SE ME.

Turut hadir ketua dewan penasehat SMSI Provinsi Jambi H Matlawan, para ketua Organisasi Wartawan, Pemilik-pemilik media siber di bawah naungan SMSI. Lalu dihadiri oleh seluruh pengurus SMSI Provinsi Jambi juga perwakilan pengurus SMSI dari 8 Kabupaten/Kota. (Penremgapu)

Share :

Baca Juga

Berita Militer

Pembangunan Panti Asuhan Korem Gapu Diperuntukkan Bagi Anak Yatim Piatu

Berita Militer

Ditengah Pandemi Covid-19, Pembukaan TMMD 108 Kodim 0419/Tanjab Tetap Berlangsung Secara Sederhana

Berita Militer

Praka Anumerta Tuppal Tiba Di Jambi Disambut Upacara Kemiliteran

Berita Militer

Perkokoh Kemanunggalan TNI Rakyat, Anggota Koramil Tungkal Ilir bersama Warga Goro Bersihkan Tempat Ibadah

Berita Militer

Kebakaran di Kampung Legok, Danramil Telanaipura Ajak Warga Turut Berempati

Berita Militer

Pulang dari Penugasan Perbatasan RI- RDTL, 400 Satgas Pamtas Yonif 142/KJ Disambut Danrem

Berita Militer

Danrem 042 Gapu Hadiri Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Sungaipenuh

Berita Militer

Danrem 042/Gapu Tinjau Langsung Pelaksanaan Tes Kesehatan Calon Perwira PK TNI 2022