Kasad Akan Merekrut Calon Prajurit dari Santri. Kota Kuala Tungkal di Landa Banjir Rob, Sejumlah Kendaraan ‘Mogok’ Cuaca Ekstrem, Speedboat Tujuan Kuala Tungkal Pulau Kijang Alami Kecelakaan Danrem 042/Gapu Terima Kunjungan Waasops Kasad Bidang Siapsat Melalui Pendayagunaan Koramil Model, Korem 042/Gapu Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Apkowil

Home / Berita Militer

Jumat, 10 September 2021 - 13:31 WIB

Kebakaran di Kampung Legok, Danramil Telanaipura Ajak Warga Turut Berempati

JAMBI, Jambinet.id – Empat unit rumah warga di kawasan kampung RT 27 Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi, Kamis (9/9/2021) petang ludes terbakar namun, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Dalam keterangan tertulisnya, Danramil Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, mengatakan ada empat rumah yang ludes terbakar di Legok namun tidak ada korban jiwa hanya kerugian materil yang dialami korban kebakaran.

Pada kejadian itu ada empat rumah yang habis terbakar dan api sudah diantisipasi supaya tidak melebar membakar rumah lainnya yang jaraknya cukup berdekatan. Untuk penyebab kebakaran sendiri sejauh ini belum dapat dipastikan.

Kejadian kebakaran itu bermula dari salah satu rumah yang diduga api akibat konsleting listrik atau hubungan arus pendek yang mengakibatkan api membesar dan membakar dua rumah yang berada disebelahnya.

Beliau meminta warga untuk tetap waspada terhadap berbagai musibah, seperti kebakaran termasuk bencana alam lainnya. Terlebih saat ini sedang menghadapi wabah corona. “Kami turut prihatin atas musibah yang menimpa warga yang terimpa kebakaran, disaat pandemi wabah corona ini semua harus lebih waspada,” katanya.

Baca Juga :  Danrem 042/Gapu Intruksikan Babinsa Jajarannya Bantu Pelaksanaan Vaksinasi Lansia

Memang musibah layaknya sebuah misteri yang tidak bisa diprediksi oleh siapapun kecuali Tuhan, namun sebagai insan dan hamba Tuhan yang beriman, kita memang tidak akan luput dari berbagai macam cobaan atau musibah, baik berupa kesusahan maupun kesenangan.

Lantas bagaimana sika kita jika tertimpa musibah? Jawabnya adalah ridha dan ikhlas, sambil berserah diri atas kehendak-Nya. Demikian halnya jika ada tetangga kita yang tertimpa musibah, apa yang harus kita lakukan?

Tentunya kita semua harus memberikan dukungan moril. Dukungan moril sangat penting untuk membangun kembali semangat, rasa bahagia dan daya juang yang mulai pudar ketika seseorang ditimpa bencana.

Sikap inilah yang coba diwujudkan oleh Babinsanya, Serka Rudiyanto saat berada dilokasi kebakaran, untuk meringankan beban para korban, Serka Rudiyanto mengajak warga sekitar kejadian untuk terus berupaya memberi dukungan moril.

“Wujudkan rasa empati kita dengan cara memberi dukungan kepada korban sesuai dengan kemampuan kita.” ujarnya.

Baca Juga :  Korem 042/Gapu Terima Penyuluhan Hukum, Danrem : Hindari Pelanggaran dan Taati Hukum

Rasa empati harus kita miliki manakala ada tetangga kita yang tertimpa musibah, karena empati merupakan kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain, melihat dari sudut pandang orang tersebut dan juga membayangkan diri sendiri berada pada posisi orang tersebut.

Selain mengajak berempati dan memberi dukungan moril, Rudiyanto juga aktif mengajak warga membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya sambil menyelamatkan barang-barang yang bisa diselamatkan.

“Yang penting, selaku Babinsa dan pelaksana Binter di wilayah binaan, harus peka terhadap setiap kejadian yang muncul sambil mencari solusi dan mengajak warga lain turut berperan.” tutur Widi.

Atas adanya kejadian tersebut, Mayor Widi merasa bersyukur kepada Babinsanya karena dapat memberi edukasi kepada warga atas musibah yang terjadi. Semoga dengan adanya kejadian musibah seperti ini, warga jadi berempati dan ringan tangan untuk memberi dukungan dan bantuan sesuai dengan kemampuannya, imbuhnya. (**)

Share :

Baca Juga

Berita Militer

Gunakan Trail, Dandim Tanjab Patroli Karhutla di Wilayah Bukit Tiga Puluh

Berita Militer

Korem 042/Gapu dan Jajaran Laksanakan Gowes Family Gathering Dalam Rangka HUT RI ke 75

Berita Militer

Dandim 0419/Tanjab Bersama Forkopimda Tanjab Barat Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Berita Militer

Dandim 0415/Jambi Terima Audiensi Ketua DPW Forum Bela Negara Provinsi Jambi

Berita Militer

Danrem 042/Gapu Dampingi Wagub Jambi Tinjau Kesiapan MTQ Tingkat Provinsi di Tanjab Barat

Berita Militer

Satgas Yonif Raider 142/KJ Mendapat Kunjungan dari Dankolakops Pamtas RI-RDTL

Berita Militer

Danrem 042 Gapu Hadiri Pelepasan Kontingen PON XX Jambi Tahun 2021

Berita Militer

Danrem 042/Gapu Ikuti Rapat Evaluasi Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi Tahun 2021