Soal Gugatan ke PTUN Jambi, Ini Kata Kuasa Hukum Pemda Tanjabbar Bupati Anwar Sadat Berharap, Konflik PT DAS dan Masyarakat di Buka Secara Terang Benderang Kadisbunak Tanjabbar Lapor Poktan Imam Hasan ke Polda Jambi Resmikan Klinik dan Pusat Promosi UMKM, Bupati Anwar Sadat Dorong Pelaku Usaha Naik Kelas Wabup Tanjabbar hadiri Rakor Forkopimda Provinsi Jambi

Home / Berita Militer

Senin, 31 Mei 2021 - 09:15 WIB

Melalui Komsos, Babinsa Telanaipura Giatkan Gotong Royong Massal

JAMBINET MILITER – Jambi. Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan kemampuan mutlak yang harus dimiliki, dikuasai dan dilaksanakan oleh prajurit TNI, terutama aparat kewilayahan karena Komsos adalah salah satu metode Binter selain Bakti TNI maupun Binwanwil.

Pelaksanaan Binter melalui Komsos dinilai sangat efektif, tidak perlu menggunakan biaya tetapi sangat ampuh dan berhasil ciptakan tujuan Binter di wilayah.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 415-09/ Telanaipura, Kodim 0415/Batanghari, Peltu Edi Candra, disela waktu libur, dia memanfaatkan waktunya dengan ikut serta gotong royong memperbaiki parit dan aliran sungai yang menyempit akibat tumpukan material tanah dan pasir yang hanyut terbawa aliran air saat hujan datang bertempat di RT. 23 Kelurahan Baganpete Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi, Minggu (30/5/2021).

Baca Juga :  Akhiri Tugas, Dansatgas Pamtas Yonif R 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin Pamitan dengan Bupati Belu

Danramil 09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, S.E, saat dikonfirmasi awak medai melalui pesan WhatsApp membenarkan kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh Babinsa Kelurahan Baganpete meski pelaksanaannya saat hari libur kerja.

Ia mengapresiasi terhadap Babinsa yang telah melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan semangat. Dan ia juga berharap agar kegiatan serupa dapat dilakukan oleh Babinsa lainnya.

Lebih lanjut Mayor Widi juga menyampaikan bahwa Komsos merupakan metode pendekatan komunikasi disesuaikan dengan tipologi wilayah dan kearifan lokal. Dengan metode komsos seperti ini, jarang sekali terdengar ada penolakan dari warga masyarakat.

Babinsa seringkali menjadikan kegiatan masyarakat berupa gotong royong di wilayah sebagai sarana komsos. Perilaku gotong royong bukan hanya tentang menyelesaikan pekerjaan saja, tetapi sekaligus untuk mempererat hubungan masyarakat.

Baca Juga :  Antisipasi Dini Infeksi Covid-10, Danrem 042/Gapu Lakukan Rapid Test Terhadap Personil

“Jika budaya komsos selalu diasah dan dilakukan oleh setiap prajurit terutama Apkowil (Babinsa) dengan kuantitas dan berkualitas, maka simpatik dan kemanunggalan TNI-Rakyat akan terwujud dengan baik.” ucapnya.

Disamping itu, kegiatan yang dilakukan Babinsanya juga bertujuan selain untuk menjaga kebersihan dan keindahan juga untuk mengajak masyarakat agar selalu menjaga kesehatan dari Bahaya Covid-19. Serta bertujuan untuk memupuk jiwa kebersamaan yang telah terjalin agar semakin erat, khususnya antara TNI dan masyarakat.

“Walaupun saat ini di hadapkan dengan adanya wabah Covid-19, namun budaya Gotongroyong ini tidak boleh hilang dan harus terus kita lestarikan, tentu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada.” tandasnya. (**/fds)

Share :

Baca Juga

Berita Militer

Tekan Pencegahan Covid-19, Ini Pesan Danrem 042 Gapu ke Jajarannya

Berita Militer

Danrem 042 Gapu Ajak Elemen Masyarakat Bersinergi Percepat Penanganan Covid – 19

Berita Militer

Panglima TNI Pimpin Sertijab Kasum dan Aspers serta Penyerahan Jabatan Dansesko dan Danjen Akademi

Berita Militer

Danrem Gapu Terima Audiensi Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi

Berita Militer

Jaga Imunitas Tubuh, Prajurit Korem Gapu Giat Bina Fisik

Berita Militer

Tanjab Barat Zona Merah, Kodim Tanjab Dukung Pemberlakuan Pembatasan Jam Malam

Berita Militer

Gunakan Trail, Dandim Tanjab Patroli Karhutla di Wilayah Bukit Tiga Puluh

Berita Militer

Kebakaran di Kampung Legok, Danramil Telanaipura Ajak Warga Turut Berempati

judi slot triofus