9 Pejabat Pratama Pemkab Tanjabbar Bakal Dievaluasi. WNA diminta Berhati-hati Situs e-VOA Palsu, Plt.Dirjen Imigrasi :Situs Resmi e-VOA Hanya di Molina.Imigrasi.go.id Bupati Tanjabbar Laksanakan Safari Subuh di Masjid Miftahul Jannah Kelurahan Tungkal II Wabup Tanjabbar Minta P3KE Harus lebih dioptimalkan Wabup Hairan Hadiri Kegiatan DIPA dan TKD Tahun 2023

Home / Berita Militer

Senin, 31 Mei 2021 - 09:15 WIB

Melalui Komsos, Babinsa Telanaipura Giatkan Gotong Royong Massal

JAMBINET MILITER – Jambi. Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan kemampuan mutlak yang harus dimiliki, dikuasai dan dilaksanakan oleh prajurit TNI, terutama aparat kewilayahan karena Komsos adalah salah satu metode Binter selain Bakti TNI maupun Binwanwil.

Pelaksanaan Binter melalui Komsos dinilai sangat efektif, tidak perlu menggunakan biaya tetapi sangat ampuh dan berhasil ciptakan tujuan Binter di wilayah.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 415-09/ Telanaipura, Kodim 0415/Batanghari, Peltu Edi Candra, disela waktu libur, dia memanfaatkan waktunya dengan ikut serta gotong royong memperbaiki parit dan aliran sungai yang menyempit akibat tumpukan material tanah dan pasir yang hanyut terbawa aliran air saat hujan datang bertempat di RT. 23 Kelurahan Baganpete Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi, Minggu (30/5/2021).

Baca Juga :  Danrem 042 Gapu Dampingi Gubernur Monitoring PPKM Level IV di Kota Jambi

Danramil 09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, S.E, saat dikonfirmasi awak medai melalui pesan WhatsApp membenarkan kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh Babinsa Kelurahan Baganpete meski pelaksanaannya saat hari libur kerja.

Ia mengapresiasi terhadap Babinsa yang telah melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan semangat. Dan ia juga berharap agar kegiatan serupa dapat dilakukan oleh Babinsa lainnya.

Lebih lanjut Mayor Widi juga menyampaikan bahwa Komsos merupakan metode pendekatan komunikasi disesuaikan dengan tipologi wilayah dan kearifan lokal. Dengan metode komsos seperti ini, jarang sekali terdengar ada penolakan dari warga masyarakat.

Babinsa seringkali menjadikan kegiatan masyarakat berupa gotong royong di wilayah sebagai sarana komsos. Perilaku gotong royong bukan hanya tentang menyelesaikan pekerjaan saja, tetapi sekaligus untuk mempererat hubungan masyarakat.

Baca Juga :  Danrem Gapu : Harus Ada Terobosan Baru Dalam Penanganan Karhutla

“Jika budaya komsos selalu diasah dan dilakukan oleh setiap prajurit terutama Apkowil (Babinsa) dengan kuantitas dan berkualitas, maka simpatik dan kemanunggalan TNI-Rakyat akan terwujud dengan baik.” ucapnya.

Disamping itu, kegiatan yang dilakukan Babinsanya juga bertujuan selain untuk menjaga kebersihan dan keindahan juga untuk mengajak masyarakat agar selalu menjaga kesehatan dari Bahaya Covid-19. Serta bertujuan untuk memupuk jiwa kebersamaan yang telah terjalin agar semakin erat, khususnya antara TNI dan masyarakat.

“Walaupun saat ini di hadapkan dengan adanya wabah Covid-19, namun budaya Gotongroyong ini tidak boleh hilang dan harus terus kita lestarikan, tentu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada.” tandasnya. (**/fds)

Share :

Baca Juga

Berita Militer

Danrem 042/Gapu Hadiri Pembukaan MTQ ke-59 Tingkat Provinsi di Tanjab Barat

Berita Militer

Pindah Tugas, Dandim 0417/Kerinci Pamitan dengan Keluarga Besar Kodim 0417/Kerinci

Berita Militer

3 Prajurit TNI Gugur dalam Serangan KST, Panglima TNI Langsung Kunjungi Papua

Berita Militer

Danrem 042/Gapu Tinjau Lokasi Kebakaran di Desa Mendahara Tengah

Berita Militer

Danrem 042/Gapu Hadiri Upacara Pengantar Tugas Pangdam Il/Swj Mayjen TNI Irwan

Berita Militer

Dandim 0419/Tanjab Pimpin Acara Korps Raport Pindah Satuan

Berita Militer

Danrem 042/Gapu : Waspadai Lonjakan Covid-19 di Libur Akhir Tahun

Berita Militer

Danrem 042 Gapu Dampingi Gubernur Monitoring PPKM Level IV di Kota Jambi