LIVE TV
Warganya Terkonfirmasi Covid-19, Kantor Desa Jati Emas Lockdown, Polres Tanjabbar Lakukan Tracking Pemkab Tanjabbar Berlakukan Larang Bepergian Ke Luar Daerah Bagi ASN dan Honorer Pantau Kinerja, Bupati Anwar Sadat Bakal Reshuffle Sejumlah Pejabat Dampingi Peserta Vaksin, Tubagus: Kita Sukseskan Pekan Vaksinasi Lansia Sukseskan Pekan Vaksinasi, Bupati Anwar Sadat, Berikan Apresiasi ke Lansia

Home / Berita Militer

Senin, 31 Mei 2021 - 09:15 WIB

Melalui Komsos, Babinsa Telanaipura Giatkan Gotong Royong Massal

JAMBINET MILITER – Jambi. Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan kemampuan mutlak yang harus dimiliki, dikuasai dan dilaksanakan oleh prajurit TNI, terutama aparat kewilayahan karena Komsos adalah salah satu metode Binter selain Bakti TNI maupun Binwanwil.

Pelaksanaan Binter melalui Komsos dinilai sangat efektif, tidak perlu menggunakan biaya tetapi sangat ampuh dan berhasil ciptakan tujuan Binter di wilayah.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 415-09/ Telanaipura, Kodim 0415/Batanghari, Peltu Edi Candra, disela waktu libur, dia memanfaatkan waktunya dengan ikut serta gotong royong memperbaiki parit dan aliran sungai yang menyempit akibat tumpukan material tanah dan pasir yang hanyut terbawa aliran air saat hujan datang bertempat di RT. 23 Kelurahan Baganpete Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi, Minggu (30/5/2021).

Baca Juga :  AKPER Garuda Putih Resmi Berubah Nama Menjadi STIKES

Danramil 09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, S.E, saat dikonfirmasi awak medai melalui pesan WhatsApp membenarkan kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh Babinsa Kelurahan Baganpete meski pelaksanaannya saat hari libur kerja.

Ia mengapresiasi terhadap Babinsa yang telah melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan semangat. Dan ia juga berharap agar kegiatan serupa dapat dilakukan oleh Babinsa lainnya.

Lebih lanjut Mayor Widi juga menyampaikan bahwa Komsos merupakan metode pendekatan komunikasi disesuaikan dengan tipologi wilayah dan kearifan lokal. Dengan metode komsos seperti ini, jarang sekali terdengar ada penolakan dari warga masyarakat.

Babinsa seringkali menjadikan kegiatan masyarakat berupa gotong royong di wilayah sebagai sarana komsos. Perilaku gotong royong bukan hanya tentang menyelesaikan pekerjaan saja, tetapi sekaligus untuk mempererat hubungan masyarakat.

Baca Juga :  Membangun Desa Labuhan Pering Melalui TMMD

“Jika budaya komsos selalu diasah dan dilakukan oleh setiap prajurit terutama Apkowil (Babinsa) dengan kuantitas dan berkualitas, maka simpatik dan kemanunggalan TNI-Rakyat akan terwujud dengan baik.” ucapnya.

Disamping itu, kegiatan yang dilakukan Babinsanya juga bertujuan selain untuk menjaga kebersihan dan keindahan juga untuk mengajak masyarakat agar selalu menjaga kesehatan dari Bahaya Covid-19. Serta bertujuan untuk memupuk jiwa kebersamaan yang telah terjalin agar semakin erat, khususnya antara TNI dan masyarakat.

“Walaupun saat ini di hadapkan dengan adanya wabah Covid-19, namun budaya Gotongroyong ini tidak boleh hilang dan harus terus kita lestarikan, tentu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada.” tandasnya. (**/fds)

Share :

Baca Juga

Berita Militer

Denpal II/2 Jambi Gelar Harwat Kendaraaan dan Senjata

Berita Militer

Danrem 042 Gapu Brigjen TNI M Zulkifli Ikuti Upacara Virtual Peringati Hari Lahir Pancasila

Berita Militer

Pangdam II/Swj Hadiri Apel Siaga Karhutla dan Pelatihan Pencegahan Karhutla Provinsi Jambi Tahun 2020

Berita Militer

Kapenrem Gapu : Pentingnya Media Siber Dalam Penyebarluasan Informasi

Berita Militer

Perangi Narkoba, Personel Kodim Kerinci Ditest Urine

Berita Militer

Danrem 042/Gapu Bersama Dansat Jajaran Mengikuti Rapat Melalui Vidcon Dengan Pangdam II/Swj

Berita Militer

Danrem 042/Gapu bersama Forkopimda Sambut Kedatangan Kapolda Jambi yang Baru

Berita Militer

Korem 042/Gapu Gelar Rapat Evaluasi Program Kerja dan Anggaran 2020