LIVE TV
Didampingi Kabid Cikar, Bupati Anwar Sadat Tinjau Jembatan dan Jalan Rusak Rapat Kerja di Forum TJSLP, Bupati Anwar Sadat Minta Perusahan Jujur dan Terbuka Ratusan PNS di Tanjabbar Masuk Masa Pensiun, Terbanyak Tenaga Guru Tinjau Vaksinasi Massal, Wabup: Kita Targetkan 40-50% Masyarakat Sudah Tervaksin Wabup Hairan Pimpin Zoom Meeting Persiapan Kunker Mendikbudristek

Home / Berita Militer

Selasa, 1 Juni 2021 - 11:45 WIB

Pangdam II/Sriwijaya Bersama Forkopimda Sumsel Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

JAMBINET MILITER – Palembang. Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumsel mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2021 secara virtual kombinasi, bertempat di Griya Agung Palembang.

Upacara berlangsung khidmat dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Selasa (1/6/2021) langsung dari Istana Kepresidenan, Bogor.

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan secara virtual, mengingat situasi pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Upacara dimulai pukul 08.00 WIB, segenap pemangku kepentingan mulai Institusi TNI, Polri dan Pemerintah Daerah hingga Lembaga Pendidikan ikut serta dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 ini, meski dilakukan secara virtual.

Baca Juga :  Tim Mobille Vaksinator TNI Serbu Pelajar dan Masyarakat Sampai Ke Wilayah Ujung Utara Merangin

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 mengambil tema, “Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh”.

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa, peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Utamanya dalam penerapan di kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia berdiri, tantangan yang dihadapi Pancasila tidak ringan,” tutur Presiden Jokowi.

Baca Juga :  Polda Jambi bersama Korem Gapu Lakukan Gowes Kamtibmas dan Baksos Untuk Warga Terdampak Pandemi Covid-19

Selanjutnya, Pancasila menghadapi perkembangan global yang tidak serta-merta selalu sama dalam pandangan maupun kebersamaan.

Perkembangan global pun tak jarang menimbulkan kompetisi dan rivalitas antar pandangan, antar nilai dan antar ideologi.

“Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini masyarakat dengan berbagai cara dan strategi,” tuturnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, yang mana telah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadikannya sebagai Hari Libur Nasional. (Pendam II/Sriwijaya).

Share :

Baca Juga

Berita Militer

Kasiter Korem 042/Gapu Menghadiri Rapat Pleno Penghitungan PSU Pilgub Jambi

Berita Militer

Tanda Tangani Pakta Integritas, Danrem Gapu Berharap Dapat Menghasilkan Prajurit yang Berkualitas

Berita Militer

Perkuat Tubuh Di Masa Pandemi, Prajurit Korem 042/Gapu Binsik Lari Jalan

Berita Militer

Danrem 042/Gapu Pimpin Penyerahan Jabatan Kasrem dan Sertijab Dandim 0416/Bute

Berita Militer

Ny. Dewi, Hasil Rapid Test Tenaga Pendidik SD Kartika II-4 YKJ Korem 042 Gapu Non Reaktif

Berita Militer

Danrem 042/Gapu Bersama 33 Orang Tua Calon Taruna Akmil Menerima Pengarahan KASAD Melalui Vicon

Berita Militer

Korem 042/Gapu Terima Penyuluhan Hukum, Danrem : Hindari Pelanggaran dan Taati Hukum

Berita Militer

Babinsa dan Tim Satgas Covid 19 Pematanglumut Sosialisasikan PPKM Mikro