WNA diminta Berhati-hati Situs e-VOA Palsu, Plt.Dirjen Imigrasi :Situs Resmi e-VOA Hanya di Molina.Imigrasi.go.id Bupati Tanjabbar Laksanakan Safari Subuh di Masjid Miftahul Jannah Kelurahan Tungkal II Wabup Tanjabbar Minta P3KE Harus lebih dioptimalkan Wabup Hairan Hadiri Kegiatan DIPA dan TKD Tahun 2023 Bupati Tanjabbar Hadiri Undangan Wapres Terkait Pencanangan RB Tematik dan Peresmian 26 MPP

Home / Peristiwa / Tanjabbar

Jumat, 19 Maret 2021 - 09:47 WIB

Penemuan Ratusan Mangkok di Tanjabbar di Tetapkan Sebagai ODCB

TANJAB BARAT – Masyarakat Tanjung Jabung Barat, baru baru ini di hebohkan dengan penemuan ratusan Mangkok didalam parit.

Ratusan mangkok ini ditemukan oleh RT 02 Parit Kerbau, Desa Mekar Alam, Kecamatan Seberang Kota, saat masyarakat sekitar melakukan penggalian parit.

Penemuan mangkok yang berjumlah 730 buah ini pun dinyatakan sebagai Objek di Duga Cagar Budaya (ODCB).

Hal ini disampaikan oleh Sigit, Kepala Bidang Registrasi dan penetapan terkait dengan pendataan ODCB di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jambi, yang juga turun ke lokasi beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Tanjab Barat Raih Peringkat Pertama Kategori Aksi Konvergensi 1-4 Pencegahan dan Penurunan Angka Gizi Buruk

” Pihak kita telah turun ke lokasi bersama dengan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjabbar. Termasuk dengan pihak Kecamatan, pihak Desa dan RT termasuk dengan pemilik lahan masyarakat sekaligus yang menemukannya pertama kali.” Ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa, pihaknya pun telah mendata jumlah mangkok yang ditemukan tersebut.

” Kemarin kita buat forum dan kesepakatan bersama untuk menghentikan pencarian, jadi di himbau untuk tidak melanjutkan pencarian, jadi kemarin di buat berita acara dan memang semuanya mangkok tersebut berjumlah 730 buah,” Ujar Sigit.

Baca Juga :  Gudang Minyak Solar di Batang Asam Terbakar

Ia mengatakan bahwa, secara bentuk mangkok tersebut rata-rata berdiameter sekitar 17cm. Selain itu bentuk tersebut juga berglasir.

” Dari hasil pengelihatan yang kita lakukan di lokasi, bahwa mangkok tersebut bukan merupakan produksi dari Indonesia. Yang mana rata-rata tipikalnya itu mangkok berukuran 17 cm, itu bukan produksi nusantara, itu dugaan dari Cina,” Ungkapnya.(*/hb)

Share :

Baca Juga

Politik

Muhammad Andika Jabat Ketua Repdem Tanjabbar, Organisasi Sayap Milik PDI-P

Pemerintahan

Permasalahan listrik di Tanjabbar, Bupati Anwar Sadat Temuin Kementerian ESDM di Jakarta

Olahraga

Tanjabbar Siap Tempur di Gubernur Cup 2022

Tanjabbar

Wabup Hairan Hadiri Peresmian Peluncuran Kapal Vaksinasi Program Pelampung Polri

Kesehatan

Bupati Anwar Sadat Luncurkan Kartu Berobat Gratis, Kepada Pasien di RSUD Daud Arif

Peristiwa

Hujan Deras, Dua Desa di Merlung di Landa Banjir

Politik

Diambil Sumpah, Hasbi dilantik Jadi Anggota DPRD Tanjabbar

Tanjabbar

Bupati Safrial Hadiri HUT Bank 9 Jambi ke 58