UAS Optimis di Usung PKS di Pilkada Tanjabbar Maju di Pilkada Tanjabbar, UAS Kantongi Rekomendasi dari DPP PAN 177 Siswa Siswi Kelas IX SMPN 2 Kuala Tungkal di Lepas, Ini Pesan Kepsek Fauzan DPRD dan Pemkab Tanjabbar Tandataganin Nota Raperda RTRW dan RPJPD Tahun 2025- 2045 Paripurna ke Empat, DPRD Tanjabbar Sampaikan Laporan Hasil Kerja Pansus dan LKPJ Bupati

Home / Ekonomi / Tanjabbar

Sabtu, 11 September 2021 - 18:52 WIB

Panen Laos di Desa Muntialo, Bupati: Ini Salah Satu Komoditi Tanjabbar

TANJABBAR – Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. Anwar Sadat M.Ag, panen raya Laos di Dusun Karya Lestari I Desa Muntialo Kecamatan Betara, Sabtu (11/9/21).

Disela-sela panen Laos Anwar Sadat menyampaikan bahwa kualitas laos di perkebunan Dusun Karya lestari I desa Muntialo ini terbilang baik, Laos yang berusia 8 bulan ini sudah bisa dipanen.

” Laos yang siap dipanen ini ukuran rimpangnya besar- besar. Ini merupakan andalan komoditi Tanjung Jabung Barat dalam rangka meningkatkan perekonomian terutama di pedesaan.” Ujar Bupati.

Ia menyebutkan bahwa, berfungsi laos ini untuk menambah penghasilan perekonomian masyarakat karena laos gampang dibudidayakan dan tanpa perawatan yang memerlukan biaya serta bisa ditanam tumpang sari disela-sela tanaman lainnya seperti pinang, kopi dan kelapa.

Baca Juga :  Fraksi PKB Apresiasi Tim TAPD Terkait pembangunan di Tanjabbar

” Dalam setiap 1 ha lahan bisa ditanam sekitar 1000 rumpun dan pada satu rumpun tersebut menghasilkan lebih dari 5 kg. Sementara pada saat ini harga pasaran laos di Provinsi Jambi Rp. 4.200 per Kg. ” Sebutnya.

Kata Bupati, laos merupakan salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk restorasi gambut seperti mencegah terjadinya kebakaran lahan dan mencegah terjadinya erosi.

“ Saya kira ini merupakan komoditi yang ekonomis dan strategis ditengah kondisi pandemi, ketika perdagangan jasa terimbas covid dan perkebunan menjadi andalan Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” Timpalnya m

Baca Juga :  Ditemukan Penderita Busung Lapar di Tanjabbar, Komnas PA: Pemkab Sangat Memalukan

Demikian Bupati berharap pada panen kali ini menjadi pemicu bagi petani Tanjabbar untuk lebih aktif menanam laos di sela-sela perkebunan mereka, sehingga bisa panen sekaligus.

” Saya kira ini merupakan jawaban ditengah covid-19 ini. Agar masyarakat bisa memanfaatkan lahan mereka untuk kepentingan perekonomian mereka,” Pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Bupati dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah, Asisten III, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Kasi Perbenihan dan Perlindungan OPT Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Kapolsek Betara, Camat Betara, Kepala Desa Muntialo dan Penyuluh Pertanian.(*)

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Sadis, KDRT di Tanjab Barat Berujung Kematian Istri

Pemerintahan

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Anwar Sadat Jadi Inspektur Upacara

Pemerintahan

Peringati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, Pemkab Tanjabbar Gelar Tabligh Akbar

Tanjabbar

Bupati Tanjab Barat Lepas 34 Calon Mahasiswa BUD Akamigas Cepu

Politik

Serap Aspirasi Masyarakat, Jamal Reses ke Kampung Nelayan

Pemerintahan

Bupati dan Wabup Hadiri Peringatan Isra’ Mi’raj di Mesjid Syekh Usman Tungkal

Tanjabbar

Jelang Akhir Jabatan Bupati Safrial, Seluruh Desa di Tanjabbar Teraliri Listrik

Tanjabbar

Selama Tahun 2022, Imigrasi Kelas II TPI Kuala Tungkal Telah Mendeportasi 4 WNA

https://iplwin-login.in/

judi slot triofus