Komisi II Tanjabbar Rapat Pencemaran Limbah PDAM di Tebing Tinggi. Ketua DPRD Tanjabbar Apresiasi Kegiatan TMMD Kodim 0419/Tanjab Ini Jumlah CJH Asal Tanjabbar Yang Berangkat ke Tanah Suci Tahun 2022 Buka Secara Resmi TMMD ke-113, Ini Harapan Bupati Anwar Sadat Bupati dan Wabup Sholat Id di Masjid Syaikh Utsman Tungkal

Home / Tanjabbar / Ekonomi

Sabtu, 11 September 2021 - 18:52 WIB

Panen Laos di Desa Muntialo, Bupati: Ini Salah Satu Komoditi Tanjabbar

TANJABBAR – Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. Anwar Sadat M.Ag, panen raya Laos di Dusun Karya Lestari I Desa Muntialo Kecamatan Betara, Sabtu (11/9/21).

Disela-sela panen Laos Anwar Sadat menyampaikan bahwa kualitas laos di perkebunan Dusun Karya lestari I desa Muntialo ini terbilang baik, Laos yang berusia 8 bulan ini sudah bisa dipanen.

” Laos yang siap dipanen ini ukuran rimpangnya besar- besar. Ini merupakan andalan komoditi Tanjung Jabung Barat dalam rangka meningkatkan perekonomian terutama di pedesaan.” Ujar Bupati.

Ia menyebutkan bahwa, berfungsi laos ini untuk menambah penghasilan perekonomian masyarakat karena laos gampang dibudidayakan dan tanpa perawatan yang memerlukan biaya serta bisa ditanam tumpang sari disela-sela tanaman lainnya seperti pinang, kopi dan kelapa.

Baca Juga :  Meski di Tengah Pandemi Covid-19, Pengguna Jasa Transportasi Laut Jelang Idul Adha di Kuala Tungkal Meninngkat

” Dalam setiap 1 ha lahan bisa ditanam sekitar 1000 rumpun dan pada satu rumpun tersebut menghasilkan lebih dari 5 kg. Sementara pada saat ini harga pasaran laos di Provinsi Jambi Rp. 4.200 per Kg. ” Sebutnya.

Kata Bupati, laos merupakan salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk restorasi gambut seperti mencegah terjadinya kebakaran lahan dan mencegah terjadinya erosi.

“ Saya kira ini merupakan komoditi yang ekonomis dan strategis ditengah kondisi pandemi, ketika perdagangan jasa terimbas covid dan perkebunan menjadi andalan Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” Timpalnya m

Baca Juga :  Kejari Tanjab Barat Lukakan Rapid Tes Bagi Semua Limpahan Tahanan

Demikian Bupati berharap pada panen kali ini menjadi pemicu bagi petani Tanjabbar untuk lebih aktif menanam laos di sela-sela perkebunan mereka, sehingga bisa panen sekaligus.

” Saya kira ini merupakan jawaban ditengah covid-19 ini. Agar masyarakat bisa memanfaatkan lahan mereka untuk kepentingan perekonomian mereka,” Pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Bupati dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah, Asisten III, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Kasi Perbenihan dan Perlindungan OPT Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Kapolsek Betara, Camat Betara, Kepala Desa Muntialo dan Penyuluh Pertanian.(*)

Share :

Baca Juga

Tanjabbar

Ditahan Sebagai Tersangka, Jaksa Tolak Penanguhan Budi Azwar

Tanjabbar

Bupati Tak Hadir, Paripurna DPRD Tanjabbar Molor

Tanjabbar

Anggota DPRD Tanjabbar H. Syaifuddin Marzuki Meninggal Dunia

Tanjabbar

Bupati dan wakil Bupati Tanjabbar Peringati Isra’ Mi’raj di Sungai Saren

Covid-19

Kunker ke Tanjabbar, Kapolda Jambi Bersama Bupati Rakor Penanganan Covid-19 dan Persiapan MTQ

Tanjabbar

Launching Penyerahan SPPT PBB-P2, Bupati: Pajak Sangat Penting Penerimaan Negara dan Daerah

Tanjabbar

Terlibat Bisnis Narkoba, IRT di Tanjabbar di Ringkus Polisi

Tanjabbar

Gagal Relokasikan Pedagang, Bangunan Pasar Rakyat Terkesan Mubazir