Dongkrak Sektor Pariwisata, Investasi dan Bisnis di Kepri, Imigrasi Luncurkan Multiple Entry Visa BKPSDM Tanjabbar Gelar Bimtek Tata Kelola BLUD Bagi Nakes Publikasi Data Stunting Tingkat Kabupaten, Zaharudin: dilakukan Berjenjang dan Pencegahan Secara Masif Bupati Anwar Sadat Buka Secara Resmi MTQ ke-50 Tingkat Kabupaten di Desa Suak Labu Demi Menjamin Mutu Dan Keselamatan Pasien, LAFKI Jakarta Melaksanakan Survey Akreditasi Di RS dr Bratanata Jambi

Home / Ekonomi / Tanjabbar

Sabtu, 11 September 2021 - 18:52 WIB

Panen Laos di Desa Muntialo, Bupati: Ini Salah Satu Komoditi Tanjabbar

TANJABBAR – Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. Anwar Sadat M.Ag, panen raya Laos di Dusun Karya Lestari I Desa Muntialo Kecamatan Betara, Sabtu (11/9/21).

Disela-sela panen Laos Anwar Sadat menyampaikan bahwa kualitas laos di perkebunan Dusun Karya lestari I desa Muntialo ini terbilang baik, Laos yang berusia 8 bulan ini sudah bisa dipanen.

” Laos yang siap dipanen ini ukuran rimpangnya besar- besar. Ini merupakan andalan komoditi Tanjung Jabung Barat dalam rangka meningkatkan perekonomian terutama di pedesaan.” Ujar Bupati.

Ia menyebutkan bahwa, berfungsi laos ini untuk menambah penghasilan perekonomian masyarakat karena laos gampang dibudidayakan dan tanpa perawatan yang memerlukan biaya serta bisa ditanam tumpang sari disela-sela tanaman lainnya seperti pinang, kopi dan kelapa.

Baca Juga :  Ganti Rugi Tiang Pancang WFC Tak Kunjung di Bayar, Pemda Tuntut Janji Pemilik Kapal

” Dalam setiap 1 ha lahan bisa ditanam sekitar 1000 rumpun dan pada satu rumpun tersebut menghasilkan lebih dari 5 kg. Sementara pada saat ini harga pasaran laos di Provinsi Jambi Rp. 4.200 per Kg. ” Sebutnya.

Kata Bupati, laos merupakan salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk restorasi gambut seperti mencegah terjadinya kebakaran lahan dan mencegah terjadinya erosi.

“ Saya kira ini merupakan komoditi yang ekonomis dan strategis ditengah kondisi pandemi, ketika perdagangan jasa terimbas covid dan perkebunan menjadi andalan Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” Timpalnya m

Baca Juga :  Launching Batik Khas Tanjabbar, Bupati Wajibkan ASN Pakai Batik Saat Berkerja

Demikian Bupati berharap pada panen kali ini menjadi pemicu bagi petani Tanjabbar untuk lebih aktif menanam laos di sela-sela perkebunan mereka, sehingga bisa panen sekaligus.

” Saya kira ini merupakan jawaban ditengah covid-19 ini. Agar masyarakat bisa memanfaatkan lahan mereka untuk kepentingan perekonomian mereka,” Pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Bupati dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah, Asisten III, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Kasi Perbenihan dan Perlindungan OPT Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Kapolsek Betara, Camat Betara, Kepala Desa Muntialo dan Penyuluh Pertanian.(*)

Share :

Baca Juga

Tanjabbar

Sejumlah Desa di Tanjabbar Jadi Lokus Stunting

Sepakbola

Laga Terakhir Gubernur Cup vs Kota Jambi, Tanjabbar Akan Tampil Maksimal

Pemerintahan

Dibalik Safari Jum’at ‘ Berkah’ Bupati Anwar Sadat

Tanjabbar

Jelang Akhir Jabatan, Ini Pesan Safrial ke ASN Tanjabbar

Infrastruktur

Buka Secara Resmi TMMD ke-113, Ini Harapan Bupati Anwar Sadat

Tanjabbar

Terpilih Jadi BPD Bram Itam Kanan, Ini Visi Misi Refi Elif Chandra

Pemerintahan

Bupati Anwar Sadat Serahkan SK 146 PNS Pemkab Tanjabbar

Tanjabbar

INNALILLAHI, KH Abdullah Wahab Kuala Tungkal Meninggal Dunia