Kasad Akan Merekrut Calon Prajurit dari Santri. Kota Kuala Tungkal di Landa Banjir Rob, Sejumlah Kendaraan ‘Mogok’ Cuaca Ekstrem, Speedboat Tujuan Kuala Tungkal Pulau Kijang Alami Kecelakaan Danrem 042/Gapu Terima Kunjungan Waasops Kasad Bidang Siapsat Melalui Pendayagunaan Koramil Model, Korem 042/Gapu Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Apkowil

Home / Kota Jambi

Sabtu, 13 November 2021 - 09:09 WIB

Terima Penghargaan dari Menkes, Kota Jambi Raih 6 Besar Inovasi STBM Terbaik

JAMBI – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, memberikan penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kepada Pemerintah Kota Jambi.

Keberhasilan Kota Jambi meraih penghargaan ini, tak lepas dari inovasi mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih melalui konsep pembangunan Bergerak Bersama di Kota Jambi dalam mengupayakan 5 pilar STBM.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan melalui Gubernur Jambi Dr. Al Haris, S.Sos, MH kepada Dr. H. Maulana, Wakil Wali Kota Jambi pada Upacara HKN di Aula Rumah Dinas Gubernuran, Jumat (12/11/21).

Pemerintah Kota Jambi pun menjadi satu-satunya kota di Jambi yang masuk dalam 6 besar inovasi terbaik pencapaian STBM.

Hal ini terjadi, karena sebagai kota besar dengan berbagai kompleksitas dan keterbatasan lahan yang dihadapinya, Kota Jambi terbukti mampu mewujudkan 5 pilar STBM dengan nilai capaian bulat 100 persen.

Baca Juga :  Pemkab Tanjabbar Akan Tindak Tegas Bagi Pelanggar Prokes

Lima pilar tersebut meliputi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), pengelolaan sampah, penyediaan air minum, dan penanganan drainase.

Sebelumnya, sejumlah tahapan dilalui Kota Jambi hingga terpilih menjadi 6 besar inovasi terbaik STBM 2018 ini.

Pertama, Kota Jambi menjadi satu dari 24 kota/ kabupaten se-Indonesia yang telah 100 persen open defecation free (ODF) atau bebas aksi buang air besar sembarangan.

Setelah itu, Kota Jambi masuk dalam tahapan administrasi dan verifikasi lapangan oleh tim Kemenkes. Hasilnya Kota Jambi terpilih masuk 6 besar inovasi terbaik STBM 2021.

Baca Juga :  Begini Kata WKS Terkait Kemitraan dengan Poktan di Lahan APL Teluk Nilau yang Dipersoalkan

Capaian ini sekaligus menunjukkan bahwa konsep Bergerak Bersama yang diusung Visi Jambi terkini di bawah Wali Kota Sy Fasha dan Wakil Waki Kota Maulana dalam memimpin Kota Jambi berhasil.

Dalam konsep inilah pemerintah kota berusaha menggerakkan seluruh stakeholder pembangunan untuk bersama mewujudkan pemahaman dan kesadaran melakukan kebiasaan hidup bersih serta sehat berhasil diwujudkan.

Selain itu, di lingkungan Pemerintah Kota Jambi sendiri sejumlah program dilakukan seperti normalisasi sungai-sungai, koordinasi serta koordinasi untuk menghilangkan perilaku BABS.

Kota Jambi, memiliki komitmen kuat terkait terwujudnya lingkungan bersih sehat ini. Maulana yakin ke depan Kota Jambi akan semakin bersih, sehat, dan maju.(*)

Share :

Baca Juga

Covid-19

21 Kasus Positif Covid 19 di Jambi Hari ini Berasal dari Dua Daerah

Kota Jambi

Pemkot Jambi Izinkan Warga Gelar Resepsi Pernikahan, Ini Ketentuannya

Kota Jambi

Bupati Anwar Sadat Hadiri Pengarahan Mendagri Terkait Pengendalian COVID-19

Kota Jambi

Secara Aklamasi, HBA Terpilih  Jadi Ketua LAM Provinsi Jambi

Kota Jambi

Danrem 042/Gapu Ikuti Gowes Virtual HUT Ke-64 Provinsi Jambi

Kota Jambi

Danrem 042 Gapu Hadiri Rakornas Pengendalian Karhutla Melalui Vidcon

Covid-19

Update 31 Juli : Kasus Positif Covid-19 di Jambi Bertambah 6 Orang

Kota Jambi

Wali Kota Jambi Resmikan Lintasan Pesepeda Sepanjang 1,1 Kilometer